Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal

Mimpi bertemu orang yang sudah meninggal apakah memang bertemu dengan rohnya atau hanya sekedar bunga tidur?

Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir. (Qs 39:42)

Maka bertemunya antara roh orang yang sudah meninggal dengan orang yang masih hidup itu bisa terjadi namun lewat mimpi. Namun bukan berarti semua mimpi bertemu orang yang sudah meninggal pasti orang tersebut, bisa juga tidak. Mimpi itu juga perlu di cek apakah benar atau tidak. Misalnya kalau dalam mimpi tersebut bertemu orang yang sudah meninggal namun disuruh melakukan sesuatu yang bertentangan dengan syari’at Islam, maka itu perlu diwaspadai. Kalau hanya bertemu saja (tanpa ada makna), katanya dia lagi minta dido’akan.

Bagi sebagian orang ada yang menjadikan mimpi bertemu orang yang sudah meninggal merupakan sesuatu hal yang dikhawatirkan. Ada anggapan sebentar lagi juga mau nyusul (meninggal). Tapi ada juga yang mimpi bertemu orang yang sudah meninggal dan dia senang dengan mimpi tersebut, bisa ngobrol atau memberi suatu pesan atau makna. Jika bermimpi bertemu orang yang sudah meninggal dan itu membuatnya takut, maka berlindunglah kepada Allah lalu do’akan orang yang meninggal tersebut. Tapi jika dengan mimpi tersebut kita menjadi senang dan diberi kabar tertentu, maka bersyukurlah karena itu adalah kabar baik yang datangnya dari Allah (dalilnya di bawah).

Orang yang sudah meninggal ia bisa hadir di dalam mimpi untuk memberi kabar atau memberi tahu sesuatu. Misal ada hutang yang belum dibayar, wasiat yang belum tersampaikan atau bahkan memberi tahu amalan-amalan yang tidak diketahui orang-orang lain sebelum meninggal. Misal, orang-orang di sekitarnya nggak tahu kalau orang yang sudah meninggal ini sering berdzikir dalam hatinya sewaktu hidupnya. Dan orang-orang yang ada di sekitarnya menganggap bahwa amalan-amalan orang yang sudah meninggal ini biasa-biasa saja. Bisa tuh pas dalam mimpi orang yang sudah meninggal ini memberikan kabar tentang keadaannya di alamnya dan memberi tahu amalan-amalan yang dilakukannya yang tidak diketahui orang-orang di sekitarnya.

mimpi orang yang sudah meninggal

Hal ini bukanlah sesuatu yang aneh karena hal-hal seperti ini pun juga terjadi pada zaman para sahabat nabi. Dan para ulama seperti Ibnu Qayyim dalam bukunya Ar Ruh juga banyak menjelaskan tentang hal ini. Mimpi itu bisa mimpi buruk, itu hanya permainan syetan. Mimpi biasa yang tiada makna, datangnya dari  fikirannya sendiri. Dan juga mimpi kabar baik dan itu datangnya dari Allah. Mimpi itu seringkali mempunyai pesan. Bisa pesan langsung, bisa juga berupa perumpamaan-perumpamaan.

Mimpi itu akan semakin mendekati kebenaran jika orang yang bermimpi tersebut dalam kesehariannya selalu berperilaku jujur. Mimpi itu juga semakin mendekati kebenaran jika sebelum tidur wudhu dulu, berdo’a dan banyak dzikir sehingga selama tidurnya dijaga secara khusus oleh Allah. Mimpi itu juga semakin mendekati kebenaran jika dalam kesehariaannya selalu mengingat Allah, tidak menuhankan apapun dan siapapun kecuali Allah.

Mimpi salah seorang di antara kalian yang paling mendekati kebenaran adalah mimpi orang yang paling jujur dalam berbicara. Mimpi orang muslim adalah termasuk satu dari empat puluh lima bagian kenabian. Mimpi itu dibagi menjadi tiga kelompok: Mimpi yang baik, yaitu kabar gembira yang datang dari Allah. Mimpi yang menyedihkan, yaitu mimpi yang datang dari setan. Dan mimpi yang datang dari bisikan diri sendiri. (HR. Muslim)

 

Tambahan bagi yang bertanya tentang makna mimpi:

Sebenarnya mimpi bertemu orang meninggal hal tersebut bisa jadi benar dan memungkinkan. Tetapi nggak selamanya mimpi tersebut bersifat haq (benar). Apalagi jika mimpi buruk, maka abaikanlah dan mohon perlindungan kepada Allah.
Jika mimpinya seperti kejadian biasanya, biasanya hanya karena “distorsi” mimpi kita aja yang dipengaruhi pengalaman-pengalaman hidup kita sebelumnya dan hal tersebut hanya bunga tidur.
Jika mimpinya memberi pesan kebaikan, cukup ambil hikmahnya lalu berbuat sebaik mungkin.

About these ads

85 comments on “Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal

  1. saya pernah bermimpi tentang pacar saya yang sudah meninggal.. dia mengajak saya ke alamnya.. lalu dalam mimpi itu,tiba tiba saya mutah darah… apa makna mimpi tersebut?

  2. Saya mimpi bertemu byk orng yng mningl, bapak, kakek, nenek, saudara, ko saya brkumpul nya sama orng yang sudah meninggal. Apa arti dari mimpi itu ??

  3. mmpi owg da mningal.dy ajak ikot dy..saye blas ye..dy kate lagi..tk lme ag kte pasti akn brjmpe…ape maksd dy..

  4. assalamu’alaikum mas taufiq !! ane mau nanya neeh , sebelum sian taddi ana mimpi , dalam mimpi itu ana bertemu sama diri ana sendiri dan berbincang bincang . . . ana jadie dua wujud . mohon penjelasanya mas yaah . jazaakumullah kheir :)

  5. Saya bermimpi mengenai arwah pakcik saya yang kelihatan perutnya buruk …arwah baru meninggal 4 minggu lebih…adakah petanda arwah terkena buatan orang…arwah meninggal mengejut…kerana sebelum ini arwah pernah terkena buatan orang

  6. rindu sama nenek yg udh meninggal. Td malam mimpikan nenek. Mdh”an nenek mask syurga, disyg ma Allah,,dijauhkan dr siksa kubur dan siksa api neraka. Amin,,,ya Allah

  7. sya mimpi brtmu ade sya yg sudah meningal..
    Tp dlam mimpi ade sya menangis smbil pegang prutnya..

    Pertanda apa ya…??

  8. mas aku ada masalah dengan mimpi < jdi gni pcr q mimpi , ibu nya datang dan suru tinggalin aku , dan lupain akau ? apa tiu hrs di percya apa gmna mas
    pdhal aku sangan tulus mencintai nya
    tolong bantuan nya mas

    • Maaf, mungkin ada sesuatu pada anda yg harus diperbaiki/ditingkatkan. Tapi selama itu baik untuk kalian dan sekitarnya, kalau udah cocok dan siap, segera nikah saja. Mohon tuntunan Allah

  9. ASSALAMUALAIKUM
    saya bermimpi bertemu ibu saya yg sudah meninggal,beliau membaca al-qur’an di rumah
    apa maknanya ya mas taufik?
    terimakasih

  10. Tapii jika bertemu orang yg sudah dan dia
    Mengstakan ingin menjemput salah seorang penghuni rumahh

    Apakah itu mimpi buruk

  11. Tapii jika bertemu orang yg sudah meninggal dan dia
    Mengatakan ingin menjemput salah seorang penghuni rumahh

    Apakah itu mimpi buruk

    • Asalamualaikum boleh saya tanya…saya prnah bermimpi bertemu almarhum teman saya tapi di dalam mimi dia berpesan dia menyuruh saya berpuasa senin kamis itu apa artinya…

  12. saya kerap mimpi arwah adik, ibu saudara dan nenek saya. malah waktu saya sakit mereka datang dalm mimpi yang sama walau meninggal lain waktu. arwah adik pujuk ikut krn bimbang tiada org yg akan jaga saya. sy aneh sbb hanya saya yang terasa ada hubungan dgn mereka sedangkan keluarga yang lain termasuk ibu tidak pernah mimpikan mereka. semoga mereka ditempatkan bersama orang yang soleh. amin

  13. Asalamualaikum saya boleh tanya…apa artinya jika bermimpi ketemu orang yg sudah meningal lalau dia berpesan menyuruh puasa senin kamis…

  14. salam mas taufik , beberapa bulan lalu aku mimpi bertemu bapak ku yang sudah meninggal. sebelumnya memang ada perasan rindu terhadapnya , waktu itu sebelum tidur karena rasa rindu nya aku bertanya tanya dalam hati bagaimana kira kira keadaannya dia di alam sana, kemudian aku bermimpi melihat sebuah ruangan tanpa pintu hanya ada jendela berbingkai kayu tanpa kaca, dan aku berada diluarnya, didalam ruangan itu hanya ada tempat tidur semuanya berwarna putih baik dinding dan tempat tidurnya dan aku melihat bapaku mengenakan pakaian berwarna putih berdiri dan tersenyum berseri sanking senangnya aku lang sung bertanya ” pak gimana keadaan bapak ?” bapakku menjawab ” baik, enak disini tenang” belum sempat berbicara lagi gambaran mimpi itu langsung hilang . tapi mimpinya masih berkesan begitu aku bangun , aku masih bisa mengigatnya dengan jelas. menurut mas Taufik itu benar atau hanya bunga tidur ? (bapak meninggal di usia senja 83th setelah menjalan kan operasi bulan februari Tahun ini) ..

  15. Maaf pak mau nanya ,,,
    tadi pagi teman saya di kampus ada yang pingsan namanya ,,
    setelah iya sadar, dia mengatakan bahwa dia melihat teman saya yang sudah meninggal hadir di dalam kelas dan mengajaknya pergi ( Ikut bersamannya ), dan sebelum itu terjadi (Pingsan) teman saya dalam keadaan fikiran yang kosong, seperti di dalam alam bawah sadar, tpi dia tidak tertidur ,,
    apa yah pak arti dari itu semua ,,
    apakah hanya halusinasi ? atau ada sesuatu yang ganjal ?
    terimakasih pak

  16. Istri ku brmimpi diberi sesuatu oleh org yg sudah meninggal,dan yg diberi tu diambil. Bagi tau ya pa arti mimpi ni. Thank sblum’a…

  17. aku bermimpi kakekku, “Mbah mau kemana?” trus Beliau menjawab “Mbah mau solat di masjid” .. yaa seperti kebiasaannya setiap hari. klo ku baca mungkin beliau minta didoakan :’) .. dan semalem aku mimpi lagi kalo kakekku yang sudah meninggal, meninggal. ntah apa..
    yang pasti jadi kangen bgt..
    makasi yaa artikelnya.

  18. . Saya mimpi bertemu almarhum ayah saya..
    Dalam mimpi itu kmi kelima anaknya salam dan cium tangannya tetapi cuma saya anak bungsu nya yg dy cium keningnya dan memeluk saya..
    Tanpa disadari saya menangis dan ketika saya sadar kalau ini cuma mimpi seketika ayah saya hilang dr pelukan saya..
    Saat bangun mata saya dlam keadaan basah siap menangis..
    Bisa bantu cri tau artinya apa..

  19. Saya baru saja bermimpi teneng nenek saya yang sudah lama telah tiada,dalam mimpi nenek saya sudah meninggal dan semua keluarga saya sudah berkumpul. Di sat saya mau mendekati jenazah nenek saya,beliau tebangun dari tidurnya dan saya langsung memegang tlapak tangan nenek saya. dan beliau berkata pada saya “(INI RUDY)” beliau bertanya dengan menyebut nama saya,dan saya menjawab hanya dengan mengangukkan kepala saja. Seketika itu juga beliau langsung duduk dan menagis.
    Apa arti mimipi saya? Tolong bantu artikan jika anda tau artinya?
    Trimakasih, wasalam

  20. Ass.kmrin mlm aku mimpi ketemu alm mamaku.dlm mimpi itu aku dgn anak isteriku lagi baring dikamar tidur.pintu kamar terbuka setengah lalu mamaku masuk berdiri melihat aku sambil tersenyum lalu aku kaget dan langsung akuppanggil mama..mama.. lalu mau memegang tangannya tetapi ga bisa malah menjauh mendekati isteriku yg lagi hamil terus hilang.dan mimpinya sampai disitu aja…mohon penjelasan maksud mimpi itu…terimakasih

  21. saya mimpi bertemu kakak saya yang sudah meninggal, didalam mimpi saya dia sedang melakukan pernikahan,,, itu apa artinya ya???

  22. Maaf bagi yang belum di-reply. Secara umum yang bikin kita penasaran apa arti dari mimpi tersebut (mimpi bertemu orang yang meninggal).
    Sebenarnya mimpi bertemu orang meninggal hal tersebut bisa jadi benar dan memungkinkan. Tetapi nggak selamanya mimpi tersebut benar. Apalagi jika mimpi buruk, maka abaikanlah dan mohon perlindungan kepada Allah.
    Jika mimpinya seperti kejadian biasanya, mungkin hanya “distorsi” mimpi kita aja yang dipengaruhi pengalaman-pengalaman hidup kita sebelumnya dan hal tersebut hanya bunga tidur.
    Jika mimpinya memberi pesan kebaikan, cukup ambil hikmahnya lalu berbuat sebaik mungkin.

    • Assalamu’alaikum. Wr. Wb. Melihat artikel (tulisan) diatas, saya tertarik untuk menanyakan tentang hal yang dikemukakan diatas. Kemarin pada tanggal 27 September 2013, teman saya meninggal terkena strum. Namun disaat dia dikremasi, tiba-tiba sosoknya hadir dihadapan saya, dia tampak kebingungn dan dia berbicara ke saya “men barang gue ada yg ketinggalan”, “ada apa tadi ribut-ribut?” Namun setelah saya katakan ke dia kalau dia sudah meninggal “itu jasadmu, lagi di kremasi dan malam ini akan diantarkan pulang. Mending kamu pulang kerumah dan tunggu jasadmu disana!” dalam keadaan bingung dan seolah tak percaya kalau dia sudah meninggal, sosok almarhum lalu menghilang. Yang jadi pertanyaan “ada apa dengan saya? Kenapa saya bisa melihat dan berbicara dengan orang yang sudah meninggal dalam keadaan sadar (tidak tidur)? Mohon masukannya! Terima kasih.

  23. Assalamu’alaikum. Wr. Wb. Melihat artikel (tulisan) diatas, saya tertarik untuk menanyakan tentang hal yang dikemukakan diatas. Kemarin pada tanggal 27 September 2013, teman saya meninggal terkena strum. Namun disaat dia dikremasi, tiba-tiba sosoknya hadir dihadapan saya, dia tampak kebingungn dan dia berbicara ke saya “men barang gue ada yg ketinggalan”, “ada apa tadi ribut-ribut?” Namun setelah saya katakan ke dia kalau dia sudah meninggal “itu jasadmu, lagi di kremasi dan malam ini akan diantarkan pulang. Mending kamu pulang kerumah dan tunggu jasadmu disana!” dalam keadaan bingung dan seolah tak percaya kalau dia sudah meninggal, sosok almarhum lalu menghilang. Yang jadi pertanyaan “ada apa dengan saya? Kenapa saya bisa melihat dan berbicara dengan orang yang sudah meninggal dalam keadaan sadar (tidak tidur)? Mohon masukannya! Terima kasih.

  24. Assalamu’alaikum…
    sy sering mimpi bertemu ibu sy yg sudah meninggal satu bulan bisa 2-3 kali .mohon penjelasan’ny. thanks

  25. Assalamu’ mualaikum…
    Mas taufik sya mau tanya. Apa arti mimpi bertemu dengan almarhum ayah sya.
    Di dalam mimpi itu. sya bertemu dgn allmarhum ayah sya. Dan almarhum ayah sya sdang berSama ank sya. Di dlam mimpi itu.ank sya menjerit sperti ksakitan. Dan sya liat. Ank sya sudah bersibah darah. Dan yg sya lihat ada juga teman bermain ank sya. Yg mencoba menenangi ank sya itu. Tpi allmarhum yg brada tepatt di samping ank sya. Yg menangis menjerit-jerit sambil pangil mamah. Allmarhum ayah sya malah cuek ajah. Pdahal allmarhum ayah sya berada tepat di samping anak sya itu.
    Dan sampai sya terkejutt !! Terbangun dri mimpi sya. Sampe sya ketakutan. .

    .. Terimaksh.

  26. Kalau aku udah hampir seminggu tp gak tiap malam sh selang seling gth. aku suka mimpi ibu aku yang udah meninggal. tp tiap hbs sholat aku selalu kirim doa pas malam jumat rajin ngaji yasin.

    tp akhr2 ini aku sering mimpin ibu aku, di mimpi, ibu aku gak ngmg cuma senyum ajah..

    kenapa yah? apalagi skrng q lg sakit.. .

  27. ASSALAMUALAIKUM
    saya bermimpi bertemu ayah saya yg sudah meninggal,saya melihat beliau kedua kaki ya terpotong (buntung).
    apa maknanya ya mas taufik?
    terimakasih

  28. Tapi bagaimana klo setiap sudah mimpi org meninggal yaitu alm. Ayah sendiri, setiap sudah mimpi bertemu, pasti tidak lama kemudian Saya sakit, biarpun dalam mimpinya Sy senang bertemu dgn dia. Bagaimana itu? Mohon jawaban yg baiknya, wassalam..

  29. assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh…
    sdrku saya sering bermimpi alm kakak saya pada malam jum’at dan malam meninggalnya alm kakak saya, kebetulan semasa hidupnya yg saya tau alm kakak saya dari umur kurang dr 5 tahun sampai akhir hayatnya rajin beribadah dan tdk pernah berbuat maksiat, dan sangat jauh dari perbuatan yg dibenci ALLAH SWT bgt juga yg di akui para sahabat dan teman sejawatnya, beliau selain sbg ustd juga sebagai pengajar dan di kenal sangat cerdas.

    didalam mimpi beliau pernah berkata bahwa dia bahagia dan senang ditempatnya, dan bersedih ketika melihat kami menangisi kepergiannya
    beliau juga sering berpamitan dan berkata, waktu saya hanya sebentar saya belum minta izin seketika itu saya bangun tengah malam sekitar pukul 2 dan 3 pagi, dan itu sering terulang kalau saya bermimpi alm kakak saya past saya akan bangun sekitar jam 2 dan 3 pagi setelah mendengar kata-kata pamit dr beliau atau tugas dr beliau kpd saya sudah terselesaikan.

    apakah alm kakak saya betul-betul bahagia di alam sana dan betul-betul pulang kerumah menjumpai saya utk menyampaikan pesan tsb??? mohon jawabnnya sdrkua

  30. Semlm sys mimpiin bpk,, didlm mimpi disuatu acra pernikahan tp tidak tahu sapa yang menikah di dlm mimpi bpk terlihat makan yang bnyak bgt trus duduk dengan muka yang datar apa artinya ya,, sya seneng bgt bsa ketemu bpk dlm mimpi,, tp saya ga tau apa artinya mimpi tsb, mungkin bapak cmn minta di doain selalu,,,

  31. Asalam Taufik akbar..
    Saya bermimpi arwah nenek saya yang meninggal dunia 3 minggu lepas datang & melawat saya dlm keadaan elok & senyum. Apa maksudnya ya Taufik Akbar? Tolong berikan saya pencerahan.

  32. assalamualaikum pak…
    sy mau tnya…
    kmrin sy mimpi ketemu sm almarhum istri mantan tunangan sy ..
    di dlm mimpi itu dy hanya ngasih sy senyuman di dpn suami (mantan tunangan sy)…
    sy tnya sm mntn sy ciri”nya…
    trnyata bnr….
    apa mksd dr mimpi itu…
    knp trlihat sprti nyata…..
    waalaikumsalam

    • Numpang tanya pak..
      saya sering bermimpi dengan ayah saya yang sudah meninggal..
      didalam mimpi ku dy sering berkunjung ke rumah kemudian pergi.
      saya juga sering bercerita tentang dy.misal makan apa mereka dsana??.apa pekerjaan mereka??apa kesibukan mereka??
      Dan dy (almarhum) menjawab dengan benar….maksudnya bukan makan dari dunia kita..

      tpi ada satu pertanyaan ku yang membuat aku semakin yakin.klu mimpi ku bukan mimpi biasa..
      pertanyaan ku adalah: ngapain nya orang bapak disini??
      Kemudian beliai menjawab: kami dsini nak .menunggu hari penghakiman.
      Pada saat itu lah nanti bakalan diputuskan siapa yang layak masuk sorga dan siapa yang layak masuk neraka..
      jawaban yang tak terduga dan membuat aku srmakin yakin dengan mimpi2 ku..

      tolong dibanntu pak.kira2 apa arti mimpi itu..
      terimakasih banyak..
      ditunggu jawabannya.

  33. pak…apa arti mimpi saya..!
    saya mimpi bertemu nenek saya, yang sdh lama almarhu d dlm mimpi saya sempet adu mulut dengan BUDEH saya masalah warisan, maklum ibu sudah allmarhun.ketika mimpi itu ada nenek saya.ketika saya mau tanya nenek masalah warisan?
    blm sampt nenek menjawab pertanyaan saya,saya udh d bangunkan oleh anak saya…?
    apakah arti mimpi saya….?
    emang sblm nenek meningga,ibu saya udh allmarhum dulu,nenek meninggalkan warisan sebuah tanah.dan d bangun oleh budeh saya.semua seakan akan d kuasai oleh budeh saya.bkn saya tinggal aja d haruskan byr perbulan seperti anak kost.sadangkan budeh” saya ngk ada yg berani meminta hak warisnya maklum budeh saya yg pling tua yg memegang tanah tersebut…
    sekian saja terima kasih byk pak..

  34. Terima kasih pak Taufik,,
    tulisan ini memberikan pencerahan. dan yg saya suka, dasarnya adalah Al Quran dan Hadist…
    Saya dua kali bermimpi tentang papa saya yg sudah meninggal, dan itu sblm 40 hari papa. yg kedua setelah 40 hari papa.
    di mimpi pertama, bertemu papa di rumah oma (ibunya papa).
    di mimpi kedua, bertemu di rumah nenek (ibunya mama), dan kita pernah tinggal dirumah itu.
    di kedua mimpi itu, saya bicara dengan papa. dan saya ingat papa berkata “papa baik-baik saja, papa sehat nih. kenapa semua mengkhawatirkan papa. papa gakpapa, sudah sehat kok ini.”
    padahal papa meninggal karena sakit. dan di mimpi itu, papa sembuh dari sakitnya. papa senyum ceria. :’)
    Oia, di kedua mimpi itu ada acara makan-makan besar juga …
    fyi, keinginan papa adalah ingin menikahkan aku tahun ini….

    mimpi itu, apa pikiran saya saja, ataukah pesan dari Allah…

    thanks pak, semoga Allah selalu memberikan hidayah-Nya bagi kita semua.

  35. as.wr.wb. pak taufik. saya sering gelisah dengan mimpi yang sering kualami yaitu sering bertemu dengan keluarga yang telah meninggal. dia selalu mengejar saya dan sayapun melawan dengan ayat kursi padahal tu dalam mimpi. selain tu mimpi yang sering juga kualami adalah sering terbang dan hinggap diantara rumah-rumah penduduk menuju suatu tempat. ketika terbang sangat terasa sulit untuk mencapai tujuan. mimpi ni kebayakan ku alami selesai solat tahajjut. apakah mimpi saya ni baik atau buruk? ataukah karena kecapean zikir dan langsung terlelap?
    ataukah ada pesan Allah SWT ke saya yg belum dapat kumaknai? tolong berikan saya pemahaman tentang mimpi saya itu.
    terimakasih pak, semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua. amin

  36. subhanallah… terimakasi banyak atas informasinya….
    saya mengalami mimpi tersebut 1 kali… itu sebuah pesan dari alm. kakek saya.
    kemaren ibuku mimpiin ayah saya yang sudah alm… beliau hanya memberikan sebuah pesan.. alhamdullah ibu sudah bisa menafsirkan mimpi tersebut. semoga dengan mimpi tersebut dapat memberikan kesabaran, keikhlasan dan lapang dada buat keluargaku. amien…

  37. Assalamu’alaikum…
    saya mimpi bertemu almarhumah ibu saya,dalam mimpi itu ibu saya dalam keada’an sakit dan beliau minta diantar kermh alm ayah saya,setelah smp disana ibu saya cuma tersenyum,itu pertanda apa yaa pak?saat ini saya akan melangsungkan pernikahan insya’alloh bulan agustus nanti
    Terimakasih…
    Wasalamu’alaikum…

  38. Ass wr wb. mas mau nanya nih kalo pacar kita mimpiin alm ayahnya hidup kembali selama seminggu dan kakak pacar saya berbicara kepada alm ayahnya didalam mimpi itu suruh cepat nikahin saya sama pacar saya dan setelah seminggu berlalu ayah pacar saya meninggal kembali pertanda apa yah? mimpi baik atau mimpi buruk? terima kasih sebelumnya :)

  39. Pak Taufik, saya mau nanya.
    semalam saya bermimpi ketemu sama alm tante saya. Dia memaksa belikan cicin emas kepada saya tetapi saya tidak mau.
    Mohon tanggapannya tentang mimpi ini. Terima kasih banyak.

  40. Asslm.. Pak mau tny td malam sy mimpi ktmu almarhum ibu dan ka2 sy,ibu bilang slama ini beliau belum meningal,dan berada di tempat ka2 sy,ap artinya ya.?

  41. Maaf pak sya mau tanya,,,,sya mimpi kakak sya yg sdah meninggal dan meningglnya sdah dari lahir itu,,,tinggi badan beliau skitar 100 cm,dan bliau di kain kafani n mau di kubur di dalam rumah,,tpi beliau mau di kubur kuburanya kurang panjang,,setiap dimasukin kurang panjang,,dan di tinggalmanggil bapak sebentar trus beliau hilang,,,artinya itu apa ya pak,,???

  42. saya pernah bermimpi nenek saya yg sudah meninggal, sepertinya dia hidup semula di depan mata saya lalu tersenyum melihat saya. Pada ketika itu saya dlm mimpi berasa terkejut + gembira dan tidak sangka nenek saya hidup semula di depan mata saya. apa maksudnya?

  43. Ak pernah mimpi ktmu kanjeng nabi…3x dan itu memberi pesan ke ak…tp setelah bngun psti lupa pesannya ap.. itu tandanya ap

  44. Ass. Pak saya mau bertanya. Sudah 4 kali saya bermimpi tentang alm teman saya. Teman saya itu anak yg sholeh, rajin beribadah, berdzikir, pokoknya selalu mengikuti perintah Allah. Dia selalu mengikuti apa yg nabi jalankan. Dia pernah blg, dia ingin sprti habib munzir. Pokoknya dia mulia, dia baik. Dimimpi saya yg pertama dia dtg diikuti cahaya putih bersinar sambil tersenyum lalu dia pergi, dan itu saat saya dan teman2 saya berada dimakamnya. Dan yg kedua, saya bermimpi, entah knp tiba2 kuburannya dia sudah dipindahkan 9kali, waktu ingin dimakamkan lg yg ke9 tp disitu tubuhnya tetap kokoh utuh bersih putih dan sambil tersenyum, tbtb dia bangkit dari kematiannya lalu dia berkata ‘saya tau org2 yg sebagian dtg waktu pemakaman saya itu hanya sandiwara saja sedihnya. Tdk bnr2 sedih atas kepergian saya.’ intinya begitu dia berbicara sambil menujuk2 lalu dia ceramah lama sekali, disitu hujan petir gelap. Yg ke3 dan yg ke4 saya lupa. Itu pertanda apa ya pak? Saya selalu memimpikannya ketika saya rindu, lalu dia hadir dimimpi saya. Terimakasih pak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s