TIPS SNMPTN

Marilah kita berdo’a dulu sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Berdo’a…..Mulai!

Selesai!

Uda kelas XII, uda mulai sadar kalau bakal ninggalin SMA tercinta. Mungkin dari situ, kita bakal lebih mengerti artinya teman, guru, kantin (hoho…gakjuga ya),lebih sering ngumpul, atau malah sering traveling ma temen-temen (ni pengalaman penulis kali ya). Tapi kita juga harus sadar kalau kita uda hampir ujian nasional dan harus mempersiapkan sesuatu untuk masa depan kita. Salah satunya bagi kalian yang ingin tembus SNMPTN.

Lebih baik persiapan yang matang dari pada ntar berperang membabi buta pas ujian. Dan persiapannya juga gak usa terlalu dibikin pusing, yang penting jalani aja dulu. Pertama-tama belajar 1 jam sehari uda cukup. Terlalu lama? kurangi target belajar jadi setengah jam. Terlalu lama? Kurangi target belajar jadi 15 menit sehari. Masi terlalu lama? Kalo gitu 5 menit cukup. Masih terlalu lama juga? Kalo gitu cukup buka buku terus langsung tutup aja. Yang penting pas awal cukup nyantai dulu dan rutin, nanti lama-kelamaan kalian bakal ketagihan dan frekuensi belajar kalian jadi meningkat.

Setelah berjalan beberapa minggu, baru kita serius persiapannya. Jangan lupa:

1. Niat dulu. Segala hasil dari perbuatan itu sangat bergantung pada niat.( Ini berdasar hadits)

2. Belajar sambil evaluasi. Pelajari lebih lama untuk materi yang lebih sulit yang dipahamai daripada materi yang sudah cukup dikuasai. Soalnya kita juga harus belajar dengan waktu yang efisien. Gak harus belajar lama. Yang penting belajarnya pas pikiran kita lagi focus.

3. Pelajari soal-soal tahun lalu. Latihan dari soal-soal tahun lalu sangat bermanfaat karena soal-soalnya selalu mirip tiap tahun bahkan ada soal tahun lalu yang keluar untuk tahun berikutnya.(klik soal2 spmb)

4. Strategi. Kita juga harus pandai dalam mengatur strategi. Misalnya nih kita kurang dalam hal Fisika. Jadi, kita bisa memaksimalkan perlajaran yang lain. Misalnya, kita maksimalkan peljaran matematika.grafik

· Tes pada hari pertama sangat berpengaruh pada nilai akhir karena porsi soal tiap mata pelajaran lebih banyak. Maksimalkan pada hari pertama.

· Jangan gegabah, jawaban salah minus 1.

· Banyak latihan soal terutama matematika (jumlah soal total 40, berpengaruh 26,67% dari total soal).

5. Ukurlah kemampuan kita. Kita harus sudah bisa jujur pada diri sendiri. Kemampuan kita seperti apa. Kita juga lihat info atau data tingkat kesulitan jurusan yang ingin kita pilih. Kita pilih yang sesuai dengan minat dan kemampuan kita dan prospek kedepannya yang lumayan bagus juga tentunya.Pass yang mungkin bisa dibuat acuan, gtw ap benar 100%,tp lumayan akurat

(Hati-hati mencari data passing grade di internet, karena data tersebut belum tentu akurat).

6. Jaga Kesehatan. Apa artinya persiapan belajar uda bagus kalau kesehatan terganggu, apalagi pas hari ujian. Persiapan kita selama berbulan-bulan bisa sia-sia. Jaga pola makan, bnyak minum air putih, olahraga juga, dan istirahat yang cukup.

7. Jangan lupa juga Jalan-jalan atau rekreasi. Belajar terus bikin otak tegang. Itu gak baik buat kesehatan. Kita bakal lebih maksimal dalam ujian kalau kita gak tegang, PD, tenang, dan berpikir positif. Gunakan otak kita melebihi kapasitas seprti biasanya. Berlatihlah untuk berkonsentrasi/ focus (tapi jangan terlalu tegang).

8. Minta restu Ortu dan Keluarga. Ni juga gak kalah penting. Do’a ortu itu juga kekuatan yang gak terlihat bagi kita untuk menghadapi ujian namun berpengaruh besar.

9. Banyak do’a dan amal ibadah yang ikhlas. (soalnya takdir kita ada dalam kuasa Allah S.W.T di samping kewajiban kita juga untuk selalu berusaha.Klik Rahasia Do’a)

Selamat berjuang untuk Ujian dan Tes Masuk PTN!!

Semoga bermanfaat

Taufik Akbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s