Cara Agar Mimpi Bertemu Rasulullah SAW

Bertemu Nabi Muhammad SAW merupakan keinginan dari para orang yang beriman, sekalipun hanya bisa lewat mimpi. Rasulullah SAW adalah orang yang paling diutamakan oleh Allah SWT. Sepanjang masa peradaban hidup manusia, beliaulah yang paling diistimewakan oleh Allah Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi. Kejernihan hati Rasulullah SAW terpancar pada ekspresi wajah dan gesture-nya. Dan itu akan membuat siapa saja yang menatapnya akan merasakan keindahan dan kepuasan di dalam hatinya, sekalipun hanya di dalam mimpi.

Mimpi bertemu Rasulullah SAW, pertama, ada yang ditakdirkan tanpa ada keinginan ataupun usaha sebelumnya. Allah tiba-tiba saja menakdirkan itu terjadi. Kedua, ada juga yang mimpi bertemu Rasulullah SAW setelah ada usaha-usaha yang dilakukannya, dengan izin Allah. Yang akan dibahas di tulisan ini adalah yang poin yang kedua karena poin yang pertama tadi tidak mungkin bisa dijelaskan.

  1. Kuatkan iman dengan ilmu-ilmu tentang Allah. Perbanyak istighfar dan jangan menyekutukan Allah dengan apapun dan siapapun. Periksalah siapa atau apa yang kita ilah kan. Benar hanya Allah kah atau juga menuhankan selain-Nya. (Seseorang, benda, kemampuan dirinya, dsb). Sebut kalimat tahlil yang banyak, laa ilaaha illallah, tiada ilah kecuali hanya Allah.
  2. Pelajarilah sunnah Rasulullah SAW. Tidak sekedar melaksanakan kewajiban, tapi berusahalah melaksanakan amalan-amalan sunnah yang dicintai Allah atau yang dicontohkan Rasulullah SAW sesuai kemampuan kita. Memang tidak mungkin melaksanakan semua amalan yang diajarkan Rasulullah SAW, namun semampunya kita. Allah melihat kesungguhan kita.
  3. Bacalah sejarah tentang Rasulullah SAW sambil merenunginya. Saat membaca, renungilah bagaimana sejak kecil beliau sudah menghadapi ujian-ujian hidup. Renungilah bagaimana Rasulullah SAW bersikap dengan begitu mulianya. Renungi perjuangan beliau yang begitu besarnya agar umatnya selamat dan bahagia dunia akhirat. Kalau nggak ada bukunya, bisa beli | Tapi kan lumayan harganya ratusan ribu? | Nggak apa-apa kalau duitnya ada, itu juga dari Allah. Apalagi itu juga menunjukkan kesungguhan dan Allah nggak akan menyia-nyiakannya.
  4. Kalau udah merenungi dan mengenal Rasulullah SAW, pasti dalam hati akan penasaran dan kangen ingin bertemu Rasulullah SAW. Pas lagi mau tidur, langsung minta kepada Allah, “Ya Rabb, nggak ada yang bisa mengabulkan do’a kecuali hanya Engkau. Nggak ada Penguasa alam semesta kecuali hanya Engkau. Tidak ada yang berkuasa atas segala sesuatu kecuali hanya Engkau. Ya Rabb, hamba penasaran nih pengen ketemu Rasulullah SAW. Kayak gimana wajahnya, orangnya. Pertemukan hamba dengannya Ya Rabb. Nggak ada yang bisa mempertemukan hamba dengan Rasulullah kecuali hanya Engkau.” Nggak harus persis seperti itu, tapi kurang lebih demikian. Ungkapin aja apa yang ada di dalam hati, Allah Maha Mengetahui.
  5. Setiap mau tidur biasakan wudhu’ dulu. Karena tidur dalam keadaan bersuci akan dido’akan malaikat dan Allah selalu menjaga tidurnya.
  6. Sambil merem mau tidur, selain do’a, sholawat, dan baca beberapa ayat Al-Qur’an, lalu sebut Allah sebanyak-banyaknya sampai tertidur.

Mimpi Rasulullah

Cara-cara diatas hanya diantara jalan aja, nggak mutlak itu-itu aja. Bisa jadi masih banyak jalan atau amalan-amalan lainnya. Namun janganlah menyandarkan kepada amalan. Misal pas kita udah ngelakuin itu semua tapi nggak kejadian lalu mengatakan “saya udah ngelakuin tapi kok tetep nggak ketemu?” Yang membuat kita bisa bermimpi bertemu Rasulullah SAW adalah Allah, bukan amalan-amalan tadi. Amalan itu hanya jalan aja. Kalau mau ngandelin amal, meskipun kita melakukannya dengan sangat banyak sebenarnya itu nggak cukup untuk mendapat karunia bisa bertemu Rasulullah SAW. Hanya karena kebaikan Allah lah bertemu Rasulullah SAW dalam mimpi itu terjadi.

Dan jika sudah bertemu Rasulullah SAW dalam mimpi janganlah menganggap diri mulia, namun bersyukurlah kepada Allah. Sama sekali tidak ada jaminan mulia. Mimpi bertemu Rasulullah SAW tidak selalu menunjukkan kemuliaan orang yang bermimpi namun lebih menunjukkan kemuliaan Rasulullah SAW. Rasulullah SAW adalah orang yang paling tinggi kedudukannya di sisi Allah, sedangkan kita entah bagaimana nasib kedudukannya di sisi Allah. Oleh karenanya jika bermimpi bertemu Rasulullah SAW hal tersebut adalah menunjukkan kemuliaan Rasulullah SAW. Karena meskipun beliau orang yang paling diutamakan dan paling tinggi di sisi Allah, namun beliau sangat penyayang, peduli, dan rendah hati untuk menemui kita dalam mimpi, dengan izin Allah. Dan juga cek keabsahan mimpi tersebut.

Urusan kita hanya do’a dan berusaha. Sedangkan terjadinya mimpi bertemu Rasulullah SAW atau tidak, itu adalah urusan Allah Penguasa alam semesta ini.

39 thoughts on “Cara Agar Mimpi Bertemu Rasulullah SAW

  1. Ass….bagaimana kalau saya bercerita tentang sesuatu, saya beberapa kali bertemu dengan rasul yang pasti nabi muhammad muhammad saw. dalam kenyataan, artinya, saya sering mendengar ada suara yang mengaku bahwa dirinya rasul yang pasti nabi muhammad saw. tersebut, Bagaimana caranya memastikan bahwa yang saya dengar tersebut benar dari rasul yang pasti nabi muhammad saw. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    1. Rasulullah SAW bisa ditemui oleh kita dalam mimpi, dan itu benar Rasulullah SAW. Rasulullah SAW adalah manusia yang teristimewa di sisi Allah namun beliau juga manusia biasa yang mengalami kematian. Dunia beliau dengan kita sudah berbeda.
      Wallahu a’lam

  2. Saya pernah suatu saat menemui masalah yang membuat dada saya sesak dan panas selama 3 hari, pikiran pun tak bisa melupakan hal tsb. Ceritanya bermula dari masalah ilmu ketuhanan dan juga tentang nabi Muhammad dari diskusi saya dengan seorang teman, Hanya karena masalahnya samar2 dan juga berbau faham wahdatul wujud, dia mengatakan Tuhan bereinkarnasi pada para Nabi termasuk Nabi Muhammad, Sehingga seolah2 firmanNya dan sabda beliau adalah satu. Saya merasa yakin kawan saya ini sesat, tapi saya tidak tahu harus bertanya kepada siapa untuk melegakan hati saya. Jadi saya memutuskan saya harus bertanya kepada Nabi Muhammad langsung melalui mimpi. Saya ingin memastikan bahwa saya benar dan dia sesat… Pada malam pertama setelah sholat Isya saya mencoba membaca Do’a Nurbuwah 100 x namun tidak selesai karena rasa kantuk yang luar biasa baru 50 x saya sudah berhenti, mungkin gangguan dari syaiton…… dan saya langsung tidur. Esok malamnya Saya membaca doa Akasah sebanyak 5x, dan pada saat ulangan bacaan do’a yang ketiga saya mengalami peristiwa aneh seperti dalam mimpi tapi saya masih terduduk sambil membaca do’a tersebut yang karena sudah sering saya dawamkan ba’da subuh dan Magrib sehingga sudah otomatis terbaca tanpa mengingat2 lagi….. Saya merasa seperti sedang melamun pikiran di alam bawah sadar (bukan menghayal) di depan sebelah kiri saya ada seorang tua berpakaian jubah putih bersurban putih berdiri memandang saya, lalu saya bertanya ; ‘siapa anda (orang tua), ada apa disini?’… lalu dia menjawab ; ‘bukankah anda yg minta pada saya, anda ingin ketemu Nabi Muhammad’…. saya bertanya : “Mana Nabi Muhammad..?” lalu orang tua itu menunjuk ke arah depan sebelah kanan saya, dan saya melihat ada seseorang berpakaian jubah abu-abu gelap, duduk bersila menghadap kiblat membelakangi saya karena saya juga bersila menghadap kiblat… Lalu beliau mengangkat tangan kanannya ke atas seperti tabik/salam dan mengangguk ketika saya melihat namun tidak mengucapkan apa-apa……
    Kemudian saya tersadar bahwa saya sedang membaca do’a saat itu … Namun peristiwa itu melekat dalam ingatan saya… Dan setelahnya hati saya terasa lega karena Nabi mengangguk tanda saya benar

  3. pantaskah orang yang belum benar seperti saya bertemu dengan Rasulullah SAW sedangkan saya menginginkan hal itu? dan apakah saya salah punya keinginan dan harapan itu?
    “semoga Allah mengizinkan saya bertemu dengan Rasulullah SAW…”, Amiin..,
    itulah do’a saya
    mohon penjelasannya..,
    Syukron katsiron..,

    1. Mimpi bertemu Rasulullah SAW sebenarnya lebih kepada karunia dari Allah SWT, tidak selalu menunjukkan pemimpi tersebut adalah orang yang bersih dari kesalahan. Banyak orang-orang yang benar-benar soleh seperti kalangan para ulama mimpi bertemu Rasulullah SAW namun tidak sedikit orang-orang awam seperti kita ini yang juga pernah mimpi bertemu Rasulullah SAW.
      Menginginkan bertemu Rasulullah SAW termasuk dalam mimpi justru sangat bagus, karena itu diantara tanda keimanan pada seseorang.

    2. Q ingin bertemu dengan nabi Muhammad. Dan rasulullah

      Ya Allah kalau engkau menghendaki ijinkanlah saya bertemu dengan mereka 😔
      👧😜😃😃

  4. saya tidak berani memastikan bahwa yg dtg di bawah alam sadar saya itulah adalah Rosululloh saw ,dalm mimpi itu saya di beri tau oleh satu suara yg mengatakan dia nabi saw Namun saya kecewa nya dlm mimipi itu sya sempat mengeluar kan kata kalolah benar dia rosululloh saw knpa dia tidak bilang bahwa aku ini umat nya ,setlh kata ini kluar dari mulut sya 。wajah yg mengagum kan itu hanya memandang dgn tatapan redup di barengi oleh senyum tanpa berbica sepatah kata , wallahu,a,klamu biswp

    1. syaithan atau jin tidak dapat berwujud nabi muhammad, karena sudah allah swt jelaaskan di alquran. Mereka baru berkata saja misalkan ” aku nabi muhammad” maka syaithan atau jin tersebut akan terbakar

  5. Boleh saja punya keinginan bertemu dengan baginda nabi muhammad,itu adalah sebuah keinginan yang manusiawi yang luhur.
    Ingatlah bahwa setan tak akan bisa menyerupakan ujudnya kepada ujud baginda nabi muhammad.

    Tapi ingat dan camkanlah ini:

    Jika anda belom pernah sekalipun bertemu dan melihat wajah dari Nabi Muhammad SAW,apakah anda akan percaya jika anda tiba-tiba bermimpi bertemu dengan sosok yang mengaku sebagai Nabi Muhammad SAW.

  6. subhanallah,betapa beruntung seseorang yang bermimpi & bertatap muka dengan baginda nabi muhammad SAW…saya pun hanya bermimpi mendengar suara beliau masih teringat jelas dalam pikiran saya…smoga ALLAH SWT pun mengijikan saya tuk bisa bertemu dengan beliau dalam mimpi…amien

  7. Saya juga ingin berkongsi pengalaman…sya jarang utk menunaikan solat fardhu…kadang sudah berwudhu tapi tak jadi solat…kadang solat asar saja..bnyk terskip…shinggala sekali saya bermimpi saya di pimpinkan tangan oleh seorang yg tinggi berjubah putih hnya kelihatan tepi dan belakang sahaja..muka tak nmpk..sterusnya saya di bawa menuju ke masjid seakan2 masjid Aqsa..sewaktu smpai d depan pintu masjid tngan saya dilepaskan Kemudian lelaki brjubah tersebut trus menuju ke hadapan tanpa berpaling…slpas tu suara mngatakan lelaki tersebut Rasulullah SAW…sya trus terjaga…saat itu saya berasa takut utk meninggal kan waktu solat.. ;(..

  8. smoga sy bsa ketmu muhammad dan mendoakan sy agar kebiasaan buruk selama in bsa brubah kebaikan dan hilang smua kbiasaan buruk ku slama lamanya amiinnnn yaallah

  9. bagaimana mungkin Nabi Muhammad saw bisa kembali ke dunia melalui mimpi jika sudah kembali ke sisi Allah?? lalu apa arti innalillahi wainnailaihi roji”un?? dan jika benar itu Nabi Muhammad bisakah anda memastikan?? bgaimana jika itu jin setan iblis yang menyamar?? bisakah kita mmbedakan?? dan bukankah kita butuh saksi dalam pertemuan itu untuk memastikan kalau itu benar2 nabi Muhammad??

  10. pada tahun 2005 saya pernah bermimpi dengan orang-orang yang berpakaian jubah putih seluruhnya tetapi saya yang dipinta untk mnjd imam shalat hari raya.ini apakah ada pautannya dengan Rasulullah s.a.w.trm ksh.slm untuk pembaca

  11. ASS,Wr.Wb,,, saya adalah orang awam dalam hal agama ,, cuma saya sering menangis ketika memandang foto wali ALLAH yang bernama MAULANA SYEKH SAMMAN AL-MADANI &
    AL-ALAMAH TUAN GURU KH.ZAINI GHANI (GURU SEKUMPUL)
    lantaran saya kepingin berjumpa dengan beliau berdua walau cuma dalam mimpi,, pada suatu malam saya bermimpi berada di suatu kota saya tersesat kepingin pulang ke kampung orang tua saya tapi saya ga tau jalan menuju pulang,,,ketika saya udah kelelahan di tengah kota sya melihat ada pohon besar berbentuk payung dan di bawah pohon ada seorang laki laki berwajah tampan menunjukan arah jalan menuju kampung orang orang tua saya,,begitu saya bertanya siapakah anda,, laki laki tersebut menjawab saya RASULULLAH saya RASULULLAH saya RASULULLAH ,,langsung terbangun dari tidur,,begitu saya duduk untuk mengingat ingat bagaimana rupa wajah laki laki itu,,saya ga bisa mengingat wajah itu. Maksud dari mimpi ini apa ya,,,,

  12. sya pernah bermimpi sy solat disatu mesjid.. tiba2 da 2 org hitam memakai baju berwarna putih.. lalu sya dituntun untuk menjadi imam.. sedangkan sy blm pernah ke mesjid itu,sya ingat sekali dlm mimpi sya mesjid itu dklilingi pagar.. lalu sya bertanya kepada 2 org yg hitam td.. kuburan siapa yg dsmpng mesjid lalu beliau menjawab.. itu kburan nabi muhammad SAW.. lalu sya trbngun.. pa arti dr mimpiku ini..

Leave a Reply

