Tadabbur Al-Qur’an

Sambil menunggu adzan maghrib, sambil ngeblog dulu di masjid. Barusan menarik majelis ilmu dengan ustadz Hanan Attaqi. Dijelaskan ada beberapa orang yang sulit untuk bisa mentadabburi Al-Qur’an. Baginya tidak ada kesan apa-apa ketika dibacakan ayat-ayat Al-Quran, diantaranya:

1. Orang yang lalai.
Orang yang tidak fokus ketika membaca atau dibacakan ayat-ayat Al-Quran. Bahkan orang yang sibuk membagus-baguskan suaranya bisa membuatnya lalai terhadap ayat-ayat Al-Quran. Memang telinganya mendengar, namun tidak akan sampai ke hati. Kalau bisa disimpulkan, ia punya niat lain selain ingin memahami ayat Al-Quran. Orang yang disebut khatam Al-Quran bukan yang asal baca aja hingga 30 juz. Bahkan bukan pula yang menghafal saja. Namun berusaha memahaminya dan mengamalkannya.

2. Orang yang tidak percaya akhirat.
Di sini nggak cuma orang yang mendustakan akhirat, bahkan orang yang percaya akhirat namun pada kenyataannya hari esok lebih ia yakini keberadaannya dibandingkan akhirat. Misalnya, ketika membicarakan hari esok, tentang rencana yang akan dilakukannya, ia yakin seolah-olah itu pasti. Padahal tidak ada jaminan hari esok ada. Namun akhirat yang sudah pasti adanya dan akan dihadapi, ia tidak seyakin seperti membicarakan tentang “hari esok” tadi. Orang yang kurang iman tentang ini pun juga sulit untuk bisa membaca Al-Quran hingga bisa berkesan ke dalam hati.

3. Kurang Ilmu Agama.
Semakin kurang kedalaman ilmu agama, maka semakin sulit untuk membaca Al-Quran dengan penghayatan. Al-Quran tentu firman Allah yang meskipun pada kalimat yang sedikit, namun mempunyai makna yang luas dan dalam. Sehingga dengan memperdalam agama, hal ini akan membantu untuk lebih memahami apa-apa yang terkandung di dalam ayat-ayat Al-Quran.

One thought on “Tadabbur Al-Qur’an

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s