Bahaya Buta Hati

Ada orang yang matanya tidak bisa melihat dan ia berjalan sendiri. Ketika di persimpangan ada tulisan yang terpasang bahwa jalan di depan ada jurang, jurangnya dalam, dan banyak bebatuan. Para pengguna jalan harus merubah arah jalannya berbelok ke kanan. Namun alangkah malangnya orang yang tidak bisa melihat tersebut, ia tetap saja berjalan lurus ke depan dan akhirnya ia jatuh terperosok ke dalam jurang. Tubuhnya penuh luka lalu dia meninggal. Hanya dengan tidak bisa melihat, hal tersebut bisa mencelakakan orang tersebut.

Gambar

Begitu halnya para manusia yang sedang menapaki jalan kehidupannya di dunia. Al-Qur’an adalah petunjuk hidup. Ia adalah petunjuk dari Allah yang membawa kepada keselamatan bagi siapa yang patuh kepada Allah. Dan alangkah bahayanya orang yang buta hatinya. Memang panca indera matanya bisa melihat huruf-huruf arab dalam kitab Al-Qur’an. Dia pun juga bisa melihat/ membaca kalimat-kalimat tafsir dari ayat-ayat Al-Qur’an. Namun jika buta hati itu kan membuatnya tidak bisa “melihat” dengan mata hatinya petunjuk apa yang terkandung dalam kalimat-kalimat Allah. Dia tak bisa “melihat” dan justru meremehkan dan mengabaikan petunjuk Al-Qur’an tersebut.

Celakanya bagi orang yang demikian lebih celaka dari orang yang buta mata tadi. Ia tak bisa “melihat” petunjuk Al-Qur’an (dari Allah), ia mengabaikannya, tidak patuh kepada petunjuk Allah, lalu di saat waktunya tanpa disadari tiba-tiba terperosok ke dalam jurang adzab-Nya. Semoga Allah melindungi kita dari hal ini.

Hati ini pun bertanya-tanya, jangan-jangan saya termasuk orang yang tak bisa “melihat” petunjuk Al-Qur’an tersebut? Hanya Allah yang bisa membukakan mata hati, memberikan cahaya-Nya, dan menuntun kepada jalan yang benar.

Tunjukilah kami jalan yang lurus. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat (Qs 1:6-7)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s