Kesia-sian Mengejar (Nafsu) Dunia

Apakah Allah Maha Mengetahui? Ya

Kalau begitu Allah tahu apa yang terjadi esok? Ya

Apakah Allah tahu kapan kita meninggal? Ya, Dia yang menentukan ajal

Apakah Allah tahu bagaiman rezeki kita selama hidup? Ya, Dia yang menentukan rezeki

Apakah Allah tahu suatu saat nanti kita akan menjadi kaya, miskin, punya jabatan tinggi atau nggak, dsb? Ya

Apakah Allah tahu segala apa yang terjadi di dunia dari awal hingga akhir nanti? Ya, Dia yang memprogram takdir dengan sempurna. Allah Maha Mengetahui segalanya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya yang pertama kali diciptakan Allah adalah qalam (pena). Allah berfirman kepada qalam tersebut, “Tulislah”. Kemudian qalam berkata, “Wahai Rabbku, apa yang akan aku tulis?” Allah berfirman, “Tulislah takdir segala sesuatu yang terjadi hingga hari kiamat.” (HR. Abu Daud. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Shohih wa Dho’if Sunan Abi Daud).

Takdir telah ditetapkan (takdir berbeda dengan nasib. Nasib bisa berubah. Baca ; Takdir Allah). Kalau semua telah ditetapkan lalu kenapa kita susah-susah berikhtiar hanya untuk mengejar keduniaan yang sebenarnya telah Allah tetapkan?

Ibnu Athaillah dalam bukunya Al-Hikam mengatakan

“Kesungguhanmu mengejar apa yang sudah dijamin untukmu dan kelalaianmu melaksanakan apa yang dituntut darimu, adalah bukti dari rabunnya mata hatimu”

Hidup ini rumit. Takdir-Nya juga rumit jika dipikirkan. Kalau hidup tidak ingin rumit, berfikirlah simple. Cukuplah fokus apa yang seharusnya dilakukan dan biarlah takdir adalah urusan Allah

Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya (tulus ikhlas) dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.(Al-Bayyinah:5)

Fokusnya cuma beribadah/berikhtiar karena dan dengan cara perintah Allah. Berikhtiar tulus ikhlas agar dicintai Allah.

Rasulullah SAW bersabda, ”Barangsiapa yang menjadikan akhirat sebagai tujuannya, maka Allah akan memberikan kekayaan kepada hatinya, memudahkan urusannya dan dunia (yang hina ini) akan datang kepadanya (dengan sendirinya), dan barangsiapa yang menjadikan dunia sebagai tujuannya, maka Allah akan memberikan (rasa) fakir kepadanya, mempersulit urusannya dan dunia tidak akan mendatanginya kecuali apa yang sudah ditetapkan baginya.” (HR At-Tirmidzi).

Dari Ibn ‘Abbas RA., dia berkata, “Suatu hari aku berada di belakang Nabi SAW., lalu beliau bersabda, ‘Wahai Ghulam, sesungguhnya ku ingin mengajarkanmu beberapa kalimat (nasehat-nasehat), ‘Jagalah Allah, pasti Allah menjagamu, jagalah Allah, pasti kamu mendapatinya di hadapanmu, bila kamu meminta, maka mintalah kepada Allah dan bila kamu minta tolong, maka minta tolonglah kepada Allah. Ketahuilah, bahwa jikalau ada seluruh umat berkumpul untuk memberikan suatu manfa’at bagimu, maka mereka tidak akan dapat memberikannya kecuali sesuatu yang telah ditakdirkan Allah atasmu, dan jikalau mereka berkumpul untuk merugikanmu (membahayakanmu) dengan sesuatu, maka mereka tidak akan bisa melakukan itu kecuali sesuatu yang telah ditakdirkan Allah atasmu. Pena-pena (pencatat) telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering.” (HR. at-Turmudzy, dia berkata, ‘Hadits Hasan Shahih’. Hadits ini juga diriwayatkan Imam Ahmad)

Tapi tidak ada paksaan untuk melarang manusia mengejar dunia. Ada dua pilihan, mau pusing dan susah-susah mengejar dunia yang sebenarnya telah ditetapkan, atau mengejar akhirat (pengen ketemu Allah, berjumpa dengan Allah Yang Maha Indah) dan Allah akan menundukkan dunia (mencukupkan keperluan) untuk kita. Ini dikembalikan pada pilihan masing-masing. Renungi dan evaluasi bareng-bareng dengan niat kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s