Penyakit Over Percaya Diri

Tak jarang orang terjangkit penyakit ini, bahkan tanpa kita sadari. Apakah ini penyakit? Menurutku ini penyakit. Over percaya diri lebih dekat pada kesombongan (semoga Allah melindungi kita dari sifat sombong).
Ada beberapa orang yang setuju bahwa over percaya diri (arogansi) dibutuhkan dalam beberapa aspek kehidupan, semisal dunia pekerjaan, organisasi, dsb. Saya sendiri kurang faham kenapa hal ini menjadi penting bagi mereka. Padahal suatu penyakit hati ini akan menjerumuskan pada kedzaliman, sikap yang tidak dapat menghasilkan perbuatan yang bermanfaat untuk semuanya, tapi lebih pada keuntungan pribadi dan keuntungan golongannya. Pada akhirnya setiap diri atau golongan cenderung untuk berkompetisi untuk menjadi “penguasa” dalam lingkungannya, merasa paling hebat, paling kuat, paling pintar, dsb. Padahal jika berbuat demikian, Allah akan murka dan siksaan-Nya sangat keras.
Hidup adalah untuk kedamaian, cinta kasih, rasa aman, dsb. Bahkan ada hadits yang menyebutkan bahwa jika kita tidak mengasihi dan menyayangi para makhluk Allah, maka kita tidak dikasihi dan tidak disayang Allah. Hidup hanya untuk Allah, bukan melakukan amal karena tujuan utamanya ingin menjadi penguasa, berharap popularitas, jabatan, dsb. Dengan kata lain ikhlas dalam menjalani kehidupan hanya mengharap ridho Allah.
Jika menyadari bahwa hidup hanya untuk Allah, Insya Allah dalam menjalani kehidupan ini, sifat kesombongan, over percaya diri, perbuatan dzalim yang hanya untuk kepentingan pribadi/ golongan, bisa diminalisir karena sadar bahwa Allah-lah Yang Maha Kuasa, Allah Yang Maha Kuat, Allah Yang Maha Suci, Allah Yang Maha Tinggi dan kepada Allah kita mengabdi. Hanya Allah yang berhak sombong. Jika ada kesombongan pada diri ini seberat zarah pun, Allah akan menyiksanya, naudzubillah mindzalik. Semoga kita dlindungi Allah dari sifat penyakit over percaya diri, sombong, arogan, dsb. Amien

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s