Mimpi Diberi Tahu Kenapa Harus Sholat

Semalem mimpi dikasi tau kenapa harus sholat.  Mimpi suatu kejadian lalu seperti ada suara yang memberi tahu kenapa harus sholat dan menjelaskan dari contoh kejadian tersebut. Meskipun hanya mimpi, tapi mungkin ada suatu pembelajaran dari sini dan bisa direnungi. Kurang lebih mimpinya seperti ini.

Saat itu saya disibukkan pada dunia, menjalani suatu masalah dan larut dalam masalah tersebut. Lalu saya merenung, “astaga, kenapa saya malah sibuk pada ini dan melupakan Allah?”. Lalu aku melepaskan/meninggalkan dunia tersebut dengan naik ke langit. Lalu saya sholat dengan ketakutan. Saya takut karena dunia tadi telah membuat saya lupa dan jauh dari Allah. Saya sholat karena saya ingin “bertemu” Allah, pengen dekat terus sama Allah, takut jauh dari Allah gara-gara “dikelabuhi” dunia tadi. Lalu ada suara yang mengatakan, “Sholat itu seperti ini !(dilakukan agar selalu dekat Allah dan tidak terkelabuhi dunia)”.

Mimpi ini juga memudahkanku untuk lebih memahami kenapa sholat disebut sebagai tiang agama. Ia adalah sesuatu yang memperkokoh kita untuk selalu mengtauhidkan Allah (menyembah Allah saja), dekat dengan Allah, agar tidak lupa Allah dimana kita sering dikelabuhi dunia. Ombak dunia (setan) selalu berusaha mengikis pondasi kita agar roboh lalu terhanyut dalam samudera dunia.

Pokok segala urusan ialah Al Islam dan tiangnya adalah shalat, dan puncaknya (atapnya) adalah berjihad. (HR. Tirmidzi)

Di dunia banyak sekali godaan yang membuat diri agar semakin menjauhi Allah. Sholat adalah sarana agar kita tidak terjebak pada godaan dunia. Saat ada masalah atau kesibukan dunia, cenderung diri “digodain” agar menjauhi dan lupa sama Allah. Sholat adalah media untuk “berkomunikasi” dengan Allah agar selalu dekat pada Allah bagi siapa saja yang mencintai  dan merindukan-Nya, agar tidak terkelabuhi pada kesibukan dunia, dan agar kita selalu teguh di jalan-Nya .

Allah Azza Wajalla berfirman (hadits Qudsi): “Hai anak Adam, luangkan waktu untuk beribadah kepada-Ku, niscaya Aku penuhi dadamu dengan kekayaan dan Aku menghindarkan kamu dari kemelaratan. Kalau tidak, Aku penuhi tanganmu dengan kesibukan kerja dan Aku tidak menghindarkan kamu dari kemelaratan.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Hal ini mengubah pandanganku sebelumnya bahwa sholat hanya agar kita nggak masuk neraka, agar masuk surga, sholat itu sekedar kewajiban, yang penting dilaksanakan, beres. Namun ternyata sholat adalah hal yang lebih dari itu.

Kejarlah Allah, Insya Allah sholat akan khusyuk. Kejarlah kekhusyukan, maka akan kehilangan Allah (nggak khusyuk).

Kutipan tersebut benar juga. Entah itu kalimat dari siapa, aku lupa sumbernya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s