Hidup Hanya Sebentar

Kita tahu Teori Relativitas Einstein tentang dilatasi waktu mengatakan bahwa waktu bersifat relatif.

Apa maksud waktu bersifat relatif? Dalam teorinya jika kita bergerak mendekati kecepatan cahaya, kita akan merasakan waktu lebih singkat. Misalnya saja saya diam di bumi dan teman-teman ini terbang bergerak dengan kecapatan 0,8 kali keceptan cahaya. Maka saat saya menjalani waktu udah 10 tahun, teman-teman merasakan menjalani waktu hanya 6 tahun.

Tapi kita tidak membicarakan teori ini secara detil. Apakah teori dia benar atau tidak secara keseluruhannya, yang kita yakini dan kita bicarakan di sini hanya sebatas sifat waktu yang bersifat relatif karena ini sesuai dengan apa yang disebutkan dalam Al-Qur’an.

Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.(AL-Hajj:47)

Allah bertanya: “Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?”. Mereka menjawab: “Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung.”Allah berfirman: “Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui.” (Al-Mu’minuun:112-114)

Mari kita

hitung.

Kalau 1 hari di akhirat (nanti saat menghadap Allah) = 1000 tahun menurut perhitungan kita di dunia (Al-Hajj:47),

dan asumsikan umur kita 60 tahun, berarti kita hidup di dunia hanya 60/1000 = 0,06 hari = 1jam 26 menit 24 detik.

Jika asumsikan umur kita 100 tahun, berarti kita hidup di dunia hanya 100/1000 = 0,1 hari = 2 jam 24 menit.

Jika asumsikan umur kita 125 tahun, berarti kita hidup di dunia hanya 125/1000 = 0,125 hari = 3 jam.

Kalau lamanya pagi hari kita anggap jam 6 pagi sampai kurang lebih jam 9, itu kurang lebih lamanya 3 jam. Kalau sore hari kita anggap dari jam 3 sore sampai jam setengah 6, itu kurang lebih lamanya 2,5 jam.

Jadi, umur kita kurang lebih hampir sama dengan lamanya di sore atau pagi hari.

Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore atau pagi hari.(An-Naazi’aat:46)

 

Hidup Sebentar

 

Masya Allah, ini bukan menduga-duga bahwa hidup kita hanya sebentar. Ini bukan prasangka apalagi omong kosong. Kita tadi telah sama-sama menghitungnya di atas, bukan? Hidup di dunia memang sebentar. Saat berada di dimensi akhirat nanti baru kita benar-benar sadar kalau kita hanya hidup di dunia kurang lebih hanya 2 jam saja. Dimana hari tersebut merupakan hari bahagia (karena tidak rugi menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam di dunia ini dengan baik untuk kebahagiaan yang kekal) dan ada juga yang penuh dengan penyesalan (karena sadar hidup ternyata hanya sebentar, tidak digunakan sebaik-baiknya, dan tidak ada waktu lagi untuk kembali ke dunia).

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran. (Al-‘Ashr:1-3)

Silahkan kejar waktu kurang lebih 2 jam di dunia ini, mau senang-senang berbuat semaunya lalu di akhirat susah selama-lamanya atau berbuat baik karena Allah semampunya selama beberapa jam ini untuk mendapat rahmat/keridaha’an-Nya kemudian kekal dalam kebahagiaan.

Hadis riwayat Abdullah bin Umar ra.:

Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Allah memasukkan ahli surga ke dalam surga dan ahli neraka ke dalam neraka, kemudian seorang penyeru berdiri di antara mereka dan berseru: Wahai ahli surga, tidak ada kematian. Wahai ahli neraka, tidak ada kematian. Masing-masing kekal abadi di tempatnya. (Shahih Muslim No.5088)

Semoga kita termasuk orang ahli surga dan bisa ketemu dan berada dekat dengan Nabi Muhammad SAW. Aamiin Ya Robbal ‘Alamiin.

One thought on “Hidup Hanya Sebentar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s