Tips dan Sukses SNMPTN 2011

Penulis hanya ingin berbagi tips buat SNMPTN berdasar pengalamannya. Jadi kalau ada yang terkesan “ngawur”, mohon maaf, tapi menurut penulis cara ini memang cukup manjur. Tiap orang saya yakin punya cara tersendiri dengan apa yang ingin dicapainya. Saya anggap pembaca sudah dewasa, bisa memilih mana yang perlu diikuti dan mana yang tidak.

1.  Pertama niat dulu dengan mantap. Jika sudah memilih lewat jalur SNMPTN, jangan setengah-setengah.  Lakukan secara totalitas. Totalitas di sini, anda tidak perlu lagi memikirkan kekhawatiran apakah nanti bakal lolos atau nggak. Pasrahkan saja sama Allah. Kalau memikirkan dengan matang apa yang anda putuskan, nggak perlu takut dengan hasil akhir nanti. Kalau terjadi kemungkinan terburuk (gagal), nggak perlu nyesel. Karena juga nggak ada gunanya. Di sini penulis bermaksud menyampaikan mental itu penting, nekat. Anda jangan takut memikirkan hasil nanti berhasil atau nggak, fokuskan dengan persiapan/proses.

2. Belajar. Ini kata standart memang tapi penting. Belajar di sini sangat dianjurkan belajar dari soal-soal tahun-tahun sebelumnya. Berlatihlah dengan soal-soal tersebut dan pelajari bagaimana cara menyelesaikannya. Biasanya soal-soalnya tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain itu juga perlu belajar dari buku ringkasan materi kelas 1,2,3.  Jadi biar nggak cuma belajar “trik” nyelesain soal, tapi mengerti konsepnya. Ini buat jaga-jaga jika ada soal-soal yang tiba-tiba jauh berbeda dengan soal-soal tahun sebelumnya. Jadi anda tinggal berfikir nalar dari apa saja yang sudah anda pahami.

3. Waktu belajar. Biasanya kalau rajin di awal, bisa malas di akhir. Kayak pelari yang sprint di awal, bakal kewalahan di akhir dan akhirnya kalah. Jadi awal-awal santai dulu. Buka buku baca dengan santai dulu materinya, kalau masih malas ya cukup baca daftar isi, tutup lagi bukunya. Yang penting hari-hari berikutnya ada peningkatan. Di awal-awal boleh santai, tapi diakhir harus bener-bener maksimal.

4. Maksimalkan porsi belajar yang mempunyai porsi soal banyak. Misalnya matematika. Jadi dengan mempelajari mata pelajaran tersebut, anda mempunyai keuntungan nilai lebih banyak dari menyelesaikan soal-soal yang banyak tersebut dengan hanya belajar satu mata pelajaran. Lebih efisien bukan? Ini strategi yang cukup jitu apalagi jika anda belajar dengan waktu yang mepet. Termasuk jika ada materi yang sudah buntu, tinggalin. Fokus buat maksimalin materi lain yang kalian bisa. (Ini kalau hari ujian sudah mulai dekat)

5.Ikut try out. Try out itu penting untuk mengetahui seberapa besar kemampuan kita. Jika anda iktu bimbel, anda pasti cukup sering melakukannya sekaligus juga diberi arahan untuk memilih jurusan yang cocok. Untuk yang belajar mandiri, anda bisa berlatih/belajar sendiri dengan buku latihan soal-soal SNMPTN. Ambil banyak soal, kerjakan, batasi dengan hitungan waktu, dan koreksi. Pesan tambahan, jika ternyata anda merasa/memang kemampuan anda bagus, hati-hati jangan sampai takabbur. Bisa jadi anda gagal total saat menghadapi ujian nanti karena kesombongan anda. Ada beberapa orang yang seperti ini. Tentunya anda tidak ingin seperti ini, jatuh dari atap hanya gara-gara keenakan ngerasain angin. Tambah deket waktu ujian, tambah maksimalin usahanya.

6. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan passing gradenya sesuai dengan kemampuan anda. Usahakan pilihan pertama dan kedua atau ketiga harus punya jarak passing grade yang cukup jauh. Kalau mepet-mepet, agak kurang aman. Pilih pilihan pertama yang kalian inginkan meskipun terlihat kurang realistis. Pilih pilihan kedua yang sesuai dengan kemampuan anda yang realistis. Pilihan ketiga (kalau ada) pilih yang kalian yakin bakal diterima.

7. Jangan belajar terus. Selain itu juga perlu jalan-jalan atau berkumpul dengan teman-teman buat guyonan biar nggak stress atau main musik di waktu senggang.

8. Saat mau ujian, sehari seblumnya lihat dulu ruangan ujian anda. Biar lebih siap saat hari H ujian

9. Selain itu sehari sebelum ujian, lakukan “cooling down”. Jangan terlalu banyak belajar apalagi matematik, fisika,dsb, kecuali baca materi bahasa indonesia dan biologi. Istirahatkan otak biar keesokan hari fit.

11. Saat menghadapi ujian harus tenang, rileks, dan percaya diri. Maksimalin saat ngerjain soal. Jika menemui kebuntuan saat mengerjakan soal, berhenti dulu sebentar. Taruh pensil. Regangin otot dan ambil nafas panjang, keluarin secara perlahan. Anda perlu rileks. Mau tidur dulu juga silahkan, asal jangan lama-lama. Itu kenapa di awal-awal dibilang, hilangin kekhawatiran hasil suatu nanti. Anda perlu kepasrahan seperti orang nekat, yang nggak peduli apakah nanti gagal atau berhasil. Jangan takut ngerjain soal dengan cara “ngawur”, tapi juga harus berfikir realistis. Dengan kata lain kerjain soal dengan cara “ngawur” yang realistis. Ini membantu anda agar pikiran anda lebih rileks dan bisa berfikir nalar lebih baik karena soal-soal SNMPTN banyak penalaran. Jika dirasa sudah cukup, silahkan kerjakan kembali soal-soalnya.

12. Sebelumnya diharapakan anda membawa arloji. Nanti setengah jam sebelum waktu dikumpulkan, tinggalin soal-soal yang udah buntu. Gunakan waktu ini buat mengecek kembali nama, no.peserta, jawaban, dan lain-lain.

12. Berdo’a. Sembari menunggu pengumuman, berdo’alah kepada Allah.

Semua yang kalian putuskan sudah dilakukan dengan sebaik-baiknya, jika suatu saat nanti ternyata gagal, anda tidak perlu menyesal. Pikiran kalian hanya habis dibuat mikirin yang udah nggak bisa balik lagi. Fokus buat nyiapin alternatif lain, misalnya masuk diploma, tes gelombang dua/tiga, atau perguruan tinggi swasta. Allah nggak tidur, saya yakin anda bukan menemui kegagalan, hanya berbelok arah dan menemui kesuksesan di jalan yang Allah tentukan. Kalau berhasil juga jangan takabbur, itu Allah yang memberi anugerah demikian, bersyukurlah. Siapin buat nyediain kelengkapan daftar ulang.

Semoga sukses

Tips Sukses SNMPTN

4 thoughts on “Tips dan Sukses SNMPTN 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s