Orang Terpandang dan Orang Terasing

Orang asing: Bapak kalau berjalan dagunya selalu menghadap agak ke atas. Gak suka berjalan sambil lihat ke bawah pak?

 

Orang terpandang: Gak sudi saya melihat ke bawah. Saya kan orang terpandang dan orang suci. Cuma saya gak sesumbar

 

Orang asing: Wah, bapak rendah hati juga ya. Meskipun baik hati tapi gak sesumbar.

 

Orang terpandang: Iya lah, saya kan memang rendah hati.

 

Orang asing: Tapi apa bapak tidak berjalan sambil melihat ke bawah juga pak? Dari tadi banyak pengemis yang duduk di bawah menjulurkan tangannya untuk meminta-minta kepada bapak. Tampaknya mereka sangat membutuhkan bantuan.

 

Orang terpandang: haha… kalau begitu untung saja saya tidak melihat ke bawah. Saya kan tidak kaya benar, nanti saya jadi tambah miskin membantu mereka.

 

Orang asing: Tapi di kantong bapak ada uang banyak, pak. Di kantong baju bapak yang bagian kanan juga membawa emas. Tidakkah bisa memeberikannya sedikit saja?

 

Orang terpandang: Ini kan saya dapat dengan susah payah. Gak usah menceramahiku terus.

 

Orang asing: Apa bapak tidak ingin bertambah kaya?

 

Orang terpandang: Tentu pengen.

 

Orang asing: Sayang sekali, daritadi banyak uang dan emas ada di bawah sepanjang kita berjalan. Karena bapak tidak pernah melihat ke bawah, semua itu terlewati sia-sia.

 

Orang terpandang: Hahhh?

 

Orang asing: Mau tahu lagi pak apa akibatnya jika bapak selalu berjalan menghadap ke atas dengan sombongnya?

 

Sebelum Orang asing melanjutkan perkataannya, Orang terpandang tersebut tersandung batu. Dia jatuh, tubuhnya terluka, uang dan emas yang dia bawa juga jatuh berserakan. Kemudian Orang terpandang bertanya dengan kesal,

 

Orang terpandang: Apa itu?

 

Orang asing: Bapak tahu jawabannya.

One thought on “Orang Terpandang dan Orang Terasing

Leave a Reply

