Menjadi Orang Sabar

Sabar memang gak enak di awal, tapi sebenarnya bikin lebih enjoy menghadapi masalah akan datang. Memang hak kita mau marah atau nggak selama nggak ganggu orang lain. Tapi jadilah orang egois karena sabar sebenarnya buat kebaikan diri sendiri.
Misalnya, kalau dari awal sudah terbiasa, ada masalah sedikit, langsung marah, melampiaskan, dll, itu cuma bikin “ketagihan” untuk menghadapi masalah yang akan datang. Akhirnya setiap ada masalah, langsung marah, langsung mencari pelampiasan, terus di tiap ada masalah bakal seperti ini hingga akhirnya tanpa disadari bukan kita lagi yang mengontrol diri sendiri, tapi musuh bebuyutan kita sejak nabi Adam, Who is that? That is who.
Memang hal normal jika ada masalah atau ada sesuatu yang menjengkalkan kita bakal emosi. Tapi kita berusaha meredam emosi tersebut, itu juga untuk kebaikan diri sendiri. Silahkan dicoba kalau ingin membuktikannya sendiri. Kalau sudah bisa mengontrol diri akhirnya buat menghadapi masalah yang akan datang bakal lebih bisa enjoy dan bisa fokus dalam mencari solusi secara efektif, bukan ‘sibuk’ dengan pelampiasan tapi masalah akhirnya tidak selesai.
Sabar bukan berarti ‘dibego2in’, ada apa-apa cuma diem dan senyum aja. Sabar adalah mengontrol diri, jadi kita bisa tahu dan mengontrol kapan kita tidak perlu marah dan kapan kita harus marah,namun marahnya tetap terkontrol. Dengan demikian kita tetap bisa jadi pribadi yang independent dan menguasai keadaan.
Kuasai diri sendiri sebelum ingin menguasai orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s