Produksi Film Pendek

Sebelumnya Pra Produksi Film Pendek

Ini dia tahap “kerja keras” buat sutradara dan para kru film.  Menjadi seorang sutradara memang berat.  Dia gak cuma jadi orang yang berkreasi dalam pembuatan film.  Dia harus bisa memanajemen timya biar proses produksi berjalan lancar. Dan lagi,  dia harus bisa menjadi inspirator,  motivator,  dan memberikan energi bagi tim biar mereka bisa bekerja dengan kemampuan yang maksimum.  Meskipun kita lagi sedih dan banyak masalah, kita harus tetep bisa “berakting” untuk memberikan semangat kerja pada tim produksi.  Tapi juga jangan terlalu dipaksakan dan dipendam. Karena mood yang jelek dari sutradara bisa berpengaruh pada hasil karya.  Anda tidak akan bisa menciptakan lagu happy song saat anda sedih. Karya seni adalah apa yang ada dalam hati anda. Uda tahu kan kalo syuting gimana. Kayak iklan di TV. Kamera standby,,..rolling,…..ACTION!!!!

Tambahan tips:

  • Sudut pengambilan kamera jangan monoton. Misalkan dalam satu scene hanya satu sudut pandang, bosen penontonya yang mau nonton film,(kecuali emang tuntutannya sedikit tentang sudut pengambilan kamera). Kalau bisa dalam beberapa scene ambil gambar dengan kamera bergerak., biar lebih hidup.
  • Jangan mengambil gambar jika sumber cahaya ada di belakang objek atau kamera menatap langsung sumber cahaya (kecuali emang tuntutannya gitu). Nanti hasilnya objek malah gak keliatan (petteng). Kalian bisa menggunakan light untuk membantu masalah ini.
  • Perhatikan juga ekspresi pemain. Gak berlebihan dan juga gak kekurangan. Ekspresinya yang pas, termasuk sikap, gerak, perpindahan, dan mimik wajah. Gak lupa juga biasanya pemain curi-curi pandang ke kamera. Kan filmnya jadi janggal. Kalo kayak gitu, di cut aja. Ulang lagi
  • Perhatikan suara pemain. Apa suara pemain bisa didengar? Lafalnya jelas? Pengucapannya pas sesuai tuntutan ? Kalau gak jelas, ye pejellas
  • Kalian bisa menggunakan bingkai/frame alami yang ada di lokasi biar hasil gambar kalian lebih bagus, natural, dan enak diliat.
  • Kalau bisa minimalkan menggunakan zooming. Soalnya kualitas gambar juga berkurang, meskipun dikit.
  • Perhatikan juga hal-hal yang ada disekitar pemain atau hal-hal yang masuk dalam wilayah kamera. Jangan ada yang janggal.
  • Dan…..lain-lain.

Tahap selanjutnya pasca produksi film pendek

3 thoughts on “Produksi Film Pendek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s