Pra Produksi Film Pendek

Setelah sebelumnya langkah-langkah membuat film pendek, mari dilanjutkan lagi ke pra produksi film pendek

  • Pertama-tama gak lupa do’a dulu.  Orang bilang do’a adalah salah satu senjata paling ampuh buat memulai suatu kegiatan agar berjalan sukses.  Bentuk Tim kreatif,  bisa juga ngumpul dengan tim skenarionya. Sesuatu hal harus punya tujuan (biar gak nyasar).  Apa tujuan kalian membuat film? Apa cuma iseng aja,  apa cuma memuaskan batin, untuk kalangan sendiri,   atau  biar ditonton orang lain? Mungkin kebanyakan dari kita pengen membuat film biar ditonton orang banyak. Kalau begitu, kita harus tahu apa yang diinginkan masyarakat saat itu.  Tema apa yang kita angkat dalam film, agar masyarakat pengen menonton film kita.
  • Kalau uda ketemu pengen mau buat film apa, saatnya buat skenarionya. Imajinasikan pikiran kalian. Buatlah hal-hal baru yang belum ada sebelumnya. Bebaskan diri kalian dari tekanan. Untuk sementara buang hal-hal yang menggaggu piikiran kalian. Gak usa mikirin tugas, ujian, atau jemuran belum diangkat. Pokonya buat santai aja, ngemil, tidur2an dan lain sebagainya. Kalau uda ketemu idenya, catat idenya sebelum lupa.
  • Dari scenario tersebut kita tentukan siapa yang bisa atau mampu jadi sutradara, kamerawan, tim editing, pimpronya, penata kostum, lighting, dan lain-lain.
  • Kalo skenarionya uda dibuat, berikan skenarionya ke sutradara. Lalu tugas sutradara, menerjemahkan skenario ke dalam bentuk gambar hidup dan suara. Buat sutradara, pahami skenarionya, kalo perlu sampe diluar kepala, terus berimajinasilah tentang skenarionya seolah mata menjadi lensa kamera. Kalau sudah paham dengan skenarionya, catat apa yang perlu diperlukan dalam syuting. Nanti berikan ke masing-masing kru film.
  • Cari pemain-pemain filmnya yang cocok dan mampu buat memerankan di film tersebut sesuai karakter tokoh. Milih jangan asal ye
  • Kita gak lupa juga nyari lokasi buat syutingnya. Kalau semuanya uda siap, kita langsung aja ke tahap produksi.

Selanjutnya ke tahap produksi film pendek

One thought on “Pra Produksi Film Pendek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s