Pasca Produksi Film Pendek

Setelah sebelumnya tahap produksi film pendek, kita ke tahap selanjutnya yaitu pasca produksi film pendek
Ini dia saatnya tim editor kerja.  Kalian bisa menggunakan beberapa software untuk mengedit film.  Contohnya, movie maker, ulead video studio, vegas video, adobe premier, dan lain-lain. Tapi pake yang paling canggih aja, biar ngeditnya lebih banyak variasi, soalnya fasilitasnya lebih banyak. Kalian nanti ditemeni sutradara, biar sutradara bisa menginstruksikan dan meminta film itu pengen di edit seperti apa. Misalnya pake lagu/ musik seperti apa, mau pake effect seperti apa, dan lain-lain.

Tambahan tips:

  • Kalau mau pake soundtrack lagu atau musiknya, pilih yang sesuai dengan filmnya. Misal, jangan buat film tentang cinta, tapi musiknya kayak horor. (Kecuali mau buat film hantu lagi kasmaran, beugh)
  • Sesuaikan apa yang sedang dilihat dengan apa yang didengar. Bisa anda rasakan saat menontonnya.
  • Untuk memperkuat gambar, beri effect pada gambar sesuai dengan adegannya. Misalnya tentang adegan romantis, beri effect remang-remang (blur), cahaya yang lebih terang (brightness), dan adegan dipelankan (speed diturunin). Atau tentang adegan mengingat atau mengenang masa lalu, beri effect warna hitam putih. Dan banyak effect-effect lain yang bisa digunakan di software tersebut.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan hal-hal yang gak perlu. Misal memulai film dengan alarm hitungan mundur (kalau lambang/ logo tim produksi kalian boleh-boleh aja), transisi yang berlebihan seperti dissolves/wipe, dan credit titles yang panjang. Pikirkan dengan baik, apa hal-hal ini perlu ditampilkan atau gak.
  • Kalau hasil akhirnya pengen lebih bagus, kalian bisa menggunakan format DVD. Tapi kalau mikirnya biar efisien, format VCD atau SVCD juga gak apa-apa.

Nah kalau semuanya sudah selesai, kita bisa ngerayain semacam kayak ngumpul bareng atau makan bareng sesama tim produksi kalian. Dari sekian lama dan berusaha bareng dengan temen-temen dalam buat film tersebut, sampai akhirnya selesai, pasti seru kan kalo kita ngumpul-ngumpul semacam ngerayain suksesnya produksi film kalian. Itung-itung nambah kompak dan tambah akrab.

Itu tadi bagaimana membuat film, saya mohon maaf kalau ada kesalahan dan kekurangan, saya berharap hal ini sangat berguna buat kalian dan membuat para cineas lebih kreatif dan sukses.

2 thoughts on “Pasca Produksi Film Pendek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s