Perguruan Tinggi Terbaik Dunia Bidang Aeronautika dan Astronautika

Perguruan tinggi terbaik dunia memang banyak. Meskipun tidak berada di nomor urut pertama, misal no urut kelima, ketujuh, kedelapan, dst belum tentu dibilang tidak baik. Karena memang persaingan antar universitas cukup ketat untuk dikatakan mana yang terbaik. Mungkin sudah banyak yang mengenal Harvard University, Oxford, dll. Tapi mana perguruan terbaik dunia untuk bidang Aeronautika dan Astronautika ?

1. Embry-Riddle Aeronautical University
letaknya di Negara Amerika Serikat. Pembelajarannya meliputi operasi, rekayasa, penelitian, produksi, pemasaran, dan manajemen pesawat modern dan sistem-sistemnya

2. MIT (Massachusetts Insitute of Technology, Amerika Serikat)
MIT Aero Astro mempersiapkan kesuksesan dan kepemimpinan dalam konsepsi, desain, implementasi, dan operasi penerbangan dan sistem rekayasa terkait. MIT mencapai ini melalui komitmennya untuk: keunggulan pendidikan; penciptaan, pengembangan, dan penerapan teknologi penting untuk wahana kedirgantaraan dan rekayasa informasi; dan arsitektur dan rekayasa sistem berkinerja tinggi yang kompleks.

3. Purdue University (Amerika Serikat)
Kurikulum Aeronautika dan Astronautika berkonsentrasi pada bidang studi mendasar yang diperlukan untuk penelitian, pengembangan, desain, dan operasi industri penerbangan. Kurikulum ini dirancang untuk menekankan disiplin dari aerodinamika, propulsi, struktur, dinamika, dan kontrol, dan selanjutnya memberikan program desain untuk mengintegrasikan disiplin-disiplin ke dalam rancangan kendaraan penerbangan yang akan melakukan misi diperlukan. Sebuah latar belakang yang kuat dalam matematika dan fisika yang diperlukan untuk mengejar disiplin-disiplin, dan penggunaan ekstensif dan keterampilan pemrograman komputer adalah sebuah kebutuhan.

4. Cranfield University (Inggris)
Cranfield menyatukan aeronautical engineering, material dan manufaktur dengan keahlian dalam proses bisnis penerbangan dan praktek. Mereka memainkan peran besar dalam sektor bisnis komersial luar angkasa dengan kemitraan yang erat dengan Airbus, BAE Systems, Boeing dan Rolls-Royce. Mereka telah bekerja dengan Boeing, misalnya, untuk mengembangkan Simulator Cabin di Universitas, fasilitas unik yang berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup manusia dalam kecelakaan pesawat.

5. ISAE (Supaero Ensica) Prancis
Menyediakan tingkat tinggi Program Pascasarjana di bidang teknik (SUPAERO dan ENSICA), gelar Master, Postgraduate Specialized Masters, PhD, dengan berbagai peluang karir: teknik, penelitian dan pengembangan, logistik, konsultasi, keuangan, dll

ISAE juga mengembangkan kebijakan penelitian yang sangat aktif empat prinsip utama:

* Untuk memastikan hubungan kuat antara program dan penelitian,
* Untuk mendirikan pusat internasional untuk hosting dan pelatihan untuk gelar Master, Khusus Masters danderajat PhD,
* Untuk menjamin keseimbangan yang memadai antara visibilitas akademik dan tujuan industri yang cukup berkaitan,
* Untuk mempromosikan inovasi di bidang penerbangan.

Mengenai hubungan dengan perusahaan, ISAE selalu mengejar kecukupan antara tujuan pendidikan dan kebutuhan bisnis, dengan secara khusus:

* Partisipasi dalam iuran dari banyak profesional dari perusahaan,
* Rentang yang sangat luas menawarkan magang memungkinkan siswa untuk menempatkan pengetahuan tersebut dalam praktek,
* Penelitian selalu berbalik ke arah kebutuhan masa depan industri, di bidang kedirgantaraan atau teknologi tinggi.

Pada tingkat internasional, ISAE bekerjasama dengan universitas terbaik di Eropa dan Amerika Utara:
* Banyak siswa dan pertukaran dosen,
* Peluncuran pendidikan umum dan program riset,
* Keterlibatan aktif dalam banyak jaringan seperti Pegasus, TIME, Pres “Toulouse University” atau “kelas dunia Aerospace cluster Valley daya saing”.

NB: nomor tidak sesuai urutan

6 thoughts on “Perguruan Tinggi Terbaik Dunia Bidang Aeronautika dan Astronautika

    1. ITB ? masih jauh. Makanya nih dunia dirgantara di Indonesia perlu digalakkan biar banyak generasi baru yng berkecimpung di dunia dirgantara dan makin maju. Biar bisa bersaing di international, termasuk dalam hal pendidikannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s