Aeoronautika dan Astronotika

Aeronautika dan Astronautika adalah bidang ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang ada sangkut pautnya dengan upaya penjelajahan manusia di atmosfer dan luar atmosfer/ luar angkasa. Sebelumnya orang-orang indonesia mengenal dengan nama teknik penerbangan (aviation engineering). Namun nama ini tidak global, sehingga digunakanlah istilah aeronautika dan astronautika (aeronautics and astronautics) atau teknik dirgantara (aerospace engineering). Tapi istilah teknik penerbangan masih dipakai di Indonesia karena alasan sejarah.
Hal- hal yang dipelajari dalam aeronautika dan astronautika contohnya adalah aerodinamika, aeroelastisitas, sistem propulsi, struktur, rancangan pesawat, astrodinamika, sistem navigasi, dan lain-lain.
Orang-orang menyangka lulusan dari bidang ini akan menjadi seorang pilot atau astronot. Ini tidak salah, namun kurang tepat. Dalam ilmu ini hal yang dipelajari jauh lebih luas dari sekedar menjadi pilot atau astronot.
Aeronautika dan Astronautika banyak diterapkan dalam berbagai bidang. Memang secara umum adalah mempelajari tentang pesawat dan wahana antariksa. Namun pengaplikasiannya sangat luas. Seperti pada pembuatan bangunan tinggi, kereta api cepat, mobil cepat, rancangan struktur, sistem telekomunikasi, dan lain-lain.

burjudubai

Kereta Cepat

Formula 1

 

Contoh hasil teknologi aeronautika :

Sukhoi SU-35

Contoh hasil teknologi astronotika :

space shuttle

Program studi aeronautika dan astronautika tergolong langka di indonesia. ITB adalah salah satu perguruan tinggi yang menyediakan program studi ini. Dengan membaca ini, saya harap banyak generasi baru yang tertarik untuk menggeluti bidang ini untuk kedirgantaraan indonesia yang lebih maju.

5 thoughts on “Aeoronautika dan Astronotika

  1. Kalau dari sya sndiri masih belum membuat karya. Tapi dari teman-teman (bersama-sama)karyanya sudah bermacam-macam. Ada yang membuat roket, micro UAV (pesawat mini tak berawak), alat konversi energi tnaga angin/fluida, dll. Itu karya umum dr mahasiswa aeronautika. Tapi masi banyak ilmu di aeronautika astronotika yg tidak hanya untuk membuat karya “tangan”. Namun lebih dari itu seperti contoh di atas.
    Masalah susah atau tidak,sya tidak bisa menyebutkan karena itu relatif. Bagi yang suka matematika dan fisika, terutama tentang pesawat, menurutku ini jalannya. Karena pengalaman sya yang pada awalnya minim pengetahuan tentang kedirgantaraan/pesawat, semakin lama semakin tahu, malah semakin tertarik di dunia kedirgantaraan.

  2. Wah, tulisannya bagus, sederhana dan mampu dipahami walaupun oleh anak saya yg masih kelas 1 SMP.

    Sejak kelas 4 SD dia punya cita-2 mendesain badan/body pesawat, entah itu pesawat komersial, pesawat tempur, dan yg baru-2 ini dipelajari : helikopter. Sayangnya, sulit menemukan buku-2 penunjang, selain menunggu kedatangan buku impor.

    Saya akan senang sekali kalau mas Taufik add dia di FB nya :Cakra Diaz. Tulisan ini dan beberapa tulisan diweb ini saya link ke FB nya.

    Terimakasih!

  3. bang, seru gak sih jurusan aeronautika ?
    aku udah putusin ambil jurusan aero astro ini. tertarik sangat ha
    tlong share sikit dong ttg kegiatan di jurusan itu apa aja

    1. Good, apalagi jika suka dengan dunia penerbangan. Materinya lebih banyak tentang perancangan pesawat terbang, baik dari sisi strukturnya, aerodinamikanya, dan performa terbang. Selain itu juga ada materi dari sisi manajemen transportasi udara dan misi-misi luar angkasa.
      Overall lebih banyak materi yang bersifat matematis dan konsep2 fisis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s