MOVING TOWARD SOMETHING

Banyak orang menginginkan keadaannya berubah menjadi lebih baik dari apa yang dirasakannya saat ini. Ada sebagian yang karena terpaksa harus meninggalkan keadaannya yang dirasakan tidak mengenakkan baginya saat ini, ada sebagian lainnya yang dengan kesadaran dirinya untuk terus bertumbuh menjadi lebih baik, dan ada sebagian lainnya karena memiliki keinginan untuk menuju sesuatu keadaan yang lebih baik.

Apapun alasannya, yang terpenting adalah memiliki keberanian diri untuk menuju sesuatu yang lebih baik. Memiliki keberanian bertindak untuk mengubah keadaannya atau bertumbuh menjadi lebih baik. Karena hanya dengan keberanian bertindak itulah yang akan mengantarkan seseorang menjadi bertumbuh lebih baik dari keadaannya sekarang ini.

Tidak ada orang yang dapat bertumbuh menjadi lebih baik tanpa berani mengupayakan perubahan keadaan yang lebih baik dari keadaannya sekarang ini. Tidak ada orang yang berhasil mencapai sesuatu yang lebih baik, tanpa berani bertindak meninggalkan keadaannya sekarang ini.

Sahabat yang baik, kalau kita ingin berhasil memenuhi tuntutan keinginan kita untuk menuju sesuatu yang lebih baik, kita harus mampu berpikir, bersikap dan bertindak menuju sesuatu yang lebih baik dari apa yang bisa kita lakukan sekarang ini. Kalau demikian maka diperlukan kesediaan diri kita untuk terus belajar dan belajar meningkatkan kualitas diri kita.

Misalnya, saat ini Anda adalah seorang supervisor, kalau Anda ingin menjadi manajer, maka Anda harus mampu berpikir, bersikap dan bertindak seperti seorang manajer. Kalau Anda menjadi manajer dan ingin menjadi direktur, maka diperlukan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak sebagai seorang direktur. Kalau Anda saat ini adalah karyawan dan ingin menjadi seorang pengusaha, diperlukan kemampuan Anda untuk berpikir, bersikap dan bertindak sebagai seorang pengusaha.

Cara terbaik untuk terus bertumbuh lebih baik adalah dengan berusaha menjadi lebih baik dibandingkan sekarang ini. Cara terbaik untuk menuju tingkatan lebih tinggi adalah dengan berusaha menjadi lebih tinggi dari sekarang. Cara terbaik untuk naik kelas lebih tinggi adalah dengan meninggalkan kelas kita sekarang ini.

Menurut Anthony Robbins yang disampaikan dalam bukunya Unlimited Power, pada dasarnya tujuan hidup setiap orang itu bisa digolongkan dalam dua tujuan, yaitu “Moving Away” atau menghindari sesuatu dan “Moving Toward Something” atau menuju sesuatu. Mereka yang tujuan hidupnya moving away, pada umumnya hanya ingin meninggalkan hal-hal yang tidak diinginkannya saat ini. Seperti karena saat ini miskin maka ia tidak ingin miskin, karena saat ini menderita maka ia tidak ingin menderita, karena saat ini hidupnya susah maka ia tidak ingin susah hidupnya. Tetapi ketika ditanya lebih detail apa tujuan sukses yang ingin diraihnya, ia tidak dapat menggambarkan dengan jelas. Baginya berhasil menghindari keadaanya sekarang berarti sudah berhasil mencapai tujuannya. Akibatnya orang-orang seperti ini cepat merasa puas dan hanya menjadi orang kebanyakan. Ia merasa cukup puas ketika sudah berhasil menghindari keadaanya, merasa tujuan hidupnya sudah tercapai. Namun ia tidak menyadari bahwa potensi dirinya bisa menjadi lebih baik lagi dari apa yang dicapainya saat ini.

Berbeda dengan mereka yang memiliki tujuan hidup moving toward something. Mereka kalau ditanya tujuan hidupnya, akan menjawab dengan tegas mengenai hal-hal yang mereka INGINKAN untuk dicapai dalam hidupnya, hal-hal yang ingin mereka raih dalam hidupnya. Misalnya ingin berhasil menjadi manajer, ingin menjadi direktur, ingin menjadi pengusaha sukses, ingin menjadi pimpinan cabang, ingin menjadi menteri, ingin hidupnya lebih berkualitas, ingin hidupnya lebih bermakna bagi banyak orang lain dan lain sebagainya. Ia menginginkan selalu bertumbuh menuju keadaan yang lebih baik, bertumbuh menjadi bintang dan meraih apa yang ingin mereka cita-citakan dalam hidupnya. Berani mengambil resiko perubahan untuk meraih keadaan baru yang lebih baik.

Bagaimana agar kita dapat selalu bertumbuh menuju sesuatu atau moving toward something yang lebih baik dari keadaan kita saat ini ? Berikut ini beberapa pertimbangan untuk keberhasilan kita agar selalu bertumbuh menuju sesuatu yang lebih baik dalam kehidupan kita.

1. Berpikir, bersikap dan bertindaklah bahwa Anda harus selalu bertumbuh lebih baik dari keadaaaan Anda sekarang ini untuk mencapai kebintangan dalam hidup Anda. Hal ini sejalan dengan apa yang dinasehatkan oleh Nabi Muhammad saw agar kita selalu berusaha menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini agar termasuk golongan orang yang beruntung.

2. Belajar dan terusnya belajar mengembangkan diri agar dapat berpikir, bersikap dan bertindak lebih baik dari sekarang ini. Continues learning and never ending improvement atau terus belajar dan tidak pernah berhenti memperbaiki kualitas diri kita.

3. Tanamkan keyakinan dalam hati dan pikiran bahwa Anda dapat bertumbuh lebih baik lagi mengalahkan keadaan anda sekarang ini.

4. Tetapkan tujuan tertinggi yang ingin Anda capai dengan alasan yang kuat yang dapat menjadi pendorong semangat dan motivasi dari dalam diri Anda bahwa tujuan itu adalah hak Anda yang harus anda raih dalam hidup ini.

5. Berani melakukan sesuatu yang baru yang lebih baik dari apa yang Anda lakukan sekarang ini. Anda tidak akan pernah tahu kalau Anda mampu melakukan yang lebih baik tanpa berani mencoba melakukannya.

6. Untuk mewujudkan impian Anda, yang paling penting adalah berani mengambil tindakan secepatnya. Jangan tunda lagi untuk berani melakukan sesutu yang Anda yakini akan membawa kebaikan dalam hidup Anda. Jangan hanya menyimpan impian dalam angan-angan dan pikiran, tetapi laksanakan dalam tindakan nyata.

7. Jangan pernah lupa menghadirkan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa dalam setiap langkah dan tindakan yang kita lakukan. Yakinlah bahwa Allah adalah penolong terbaik kita. Serahkanlah setiap yang sudah kita lakukan hanyalah pada ridha dan ijin Allah semata. InsyaAllah kekuatan dan kasih sayang Allah akan hadir dalam setiap langkah kehdiupan kita.

Oleh: Eko Jalu Santoso

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s