Mimpi Bertemu Rasulullah SAW

Ketika di suatu masjid, ada seorang ustadz berkata,

“Jangan bangga dulu bermimpi bertemu Rasulullah SAW lalu berkata, | “Oooh… saya udah ketemu rasul loh.”| Iya, mudah-mudahan memang benar Rasulullah SAW. | Tapi bukankah ada hadits yang menyebutkan bahwa setan tidak bisa menyerupai Nabi SAW? | Ya, haditsnya memang menyebutkan bahwa setan tidak bisa menyerupai Rasulullah SAW. Namun haditsnya tidak menyebutkan bahwa setan tidak bisa mengaku dirinya sebagai Rasulullah SAW atau tidak bisa menunjuk orang lain bahwa orang lain itu adalah Rasulullah SAW. Kalau memang bertemu Rasulullah SAW tentunya harus kenal ciri-ciri beliau. Di antara tandanya kalau memang benar bertemu Rasulullah SAW di dalam mimpi adalah bertambahlah kerinduannya kepada Rasulullah SAW.”

Begitulah ucapan seseorang yang aku dengar ketika di masjid. Sebenarnya banyak pendapat tentang mimpi bertemu Rasulullah SAW ini. Ada yang mengatakan jika orang tersebut mengaku Rasulullah SAW atau ada orang lain yang memberitahunya, maka benarlah itu Rasulullah SAW sekalipun ciri fisik orang tersebut tidak sesuai dengan ciri-ciri yang diriwayatkan dalam hadits. Ada juga yang mengatakan jika sudah ada perasaan bahwa itu Rasulullah SAW, maka benarlah itu Rasulullah SAW sekalipun ciri fisiknya tidak sesuai dengan yang diriwayatkan dalam hadits. Namun ada pendapat yang lebih berhati-hati dalam mengemukakan pendapatnya, yakni jika ada orang yang mengaku atau orang lain yang memberitahu dalam mimpi tersebut, atau di dalam hatinya sudah tertanam (seperti sudah lama kenal) bahwa itu memang benar Rasulullah SAW dan ciri fisiknya sesuai dengan yang diriwayatkan, maka barulah mimpi itu bisa dikatakan benar.

Ada yang berpendapat bahwa jika bertemu Rasulullah SAW dalam mimpi, maka itu benar meskipun tidak sesuai dengan ciri Nabi. Sebenarnya yang salah bukan dari Rasulullah SAW (karena memang tidak mungkin salah), namun pandangan mata hati orang tersebutlah yang kurang baik sehingga pandangannya menjadi keliru. Hal ini bisa dianalogikan ketika kita melihat pemandangan yang indah namun kita menggunakan kaca mata yang kotor berdebu, pasti yang kita lihat adalah pemandangan yang tidak sempurna dan kotor. Bukan karena pemandangannya yang tidak indah, tapi pandangan orang tersebut lah yang tidak baik.

 muhammad-saw

Setelah browsing dan membaca pengalaman-pengalaman orang yang sudah pernah bermimpi bertemu Rasulullah SAW, banyak orang yang mengaku bermimpi Rasulullah SAW tapi terasa aneh. Jika membaca sejarah dan hadits beliau, hati ini akan berkata jujur, “tidak mungkin Rasulullah SAW seperti itu”. Jadi apakah mutlak bermimpi Nabi itu adalah benar pasti Nabi? Hanya Allah Yang Maha Mengetahui. Seperti Ibnu Abbas dan Ibnu Sirin, jika ada yang mengaku bertemu Rasulullah SAW dalam mimpi, maka orang tersebut ditanya dulu ciri orang dalam mimpi tersebut. Jika tidak sesuai dengan ciri Nabi, maka mereka mengatakan “Kamu tidak melihatnya (Rasulullah SAW)”.

Saya sendiri lebih milih dalam kehati-hatian. Apalagi kalau mimpinya membawa pesan-pesan Rasulullah SAW. Jika tidak hati-hati, bisa menimbulkan kesalahpahaman dalam masyarakat awam. Jika tidak hati-hati, maka orang yang bermimpi tersebut pun juga bisa menjadi ujub, takabbur, sombong, merasa mulia sehingga justru tidak mempunyai kemuliaan di sisi Allah padahal mimpinya juga tidak menjamin benar. Namun jika mimpinya diverifikasi benar, maka benar itu adalah Rasulullah SAW sebagaimana sabda beliau.

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Barang siapa melihatku dalam mimpi, maka dia benar-benar telah melihatku. Sesungguhnya setan tidak dapat menjelma sepertiku. (Shahih Muslim No.4206)

Dari pendapat-pendapat tadi dan dari cerita pengalaman-pengalaman orang yang sudah pernah bermimpi Rasulullah SAW, ternyata mimpi yang berkaitan dengan bertemu Rasulullah SAW juga ada celah untuk salah. Mimpi tersebut adalah benar jika mimpi tersebut sudah diverifikasi kebenarannya sesuai referensi yang ada. Karena ini sudah menyangkut Rasulullah SAW, manusia yang tinggi kedudukannya di sisi Allah, paling dicintai oleh Allah Yang Maha Agung, maka sepatutnya harus lebih sangat berhati-hati lagi dan berusaha untuk sejeli mengkin terhindari dari kesalahan-kesalahan yang mengatasnamakan beliau.

About these ads

54 comments on “Mimpi Bertemu Rasulullah SAW

  1. اللهمّ صلّ على سيّدنا محمّد……
    واله وصحبه وذرّيّته اجمعين وسلّم تسليم كثيرا….

  2. bismillah, hati-hati ente ngomong bro, gak penting siapa yang diimpiin ketemu Rasullullah, gimana gak bangga dan bersyukur, kalo ente dah ngalami ane yakin ente pun bingung mau omong apa tapi kalo “ane” jadi bersyukur dan mengakui begitu cintanya beliau ame umatnya…..ampe yang kaya ane aja beliau kunjungi……..alhamdulillah….alhamdulillah…..alhamdulillah………………….ane dah di impiin juga

  3. ma’af sebelumnya bukanya sya mau pamer atau apa, dulu pda saat usia saya 8 tahun saya pernah bermimpi = ada seorang yang sangat dihormati datang ke masjid desa saya, dan semua warga berkumpul masjid, sya pun ikut di masjid, tiba-tiba terdengar suara ‘mari kita beri sambutan kepada pemimpin umat baginda rosulullah SAW (kurang lebih kata2nya seperti itu) dan saya noleh kanan kiri nyari sosok yg dimaksud, ternyata beliau sudah ada di belakang saya, beliau hanya tersenyum pada saya dan sayapun membalas senyuman, setelah beliau selesai berbicara (saya tdk ingat apa yg di bicarakan), beliau pergi sambil diiringi musik rebana dan warga, dan ada satu orang yang berkata ‘itulah pemimpin umat pasti akan dapat sambutan yang meriah’,,,,,, dari mimpi saya tadi rosulullah berperawakan tinggi memakai jubah abu2, namun yg membuat saya ragu bahwa itu rosul adalah wajahnya yang tidak setampan seperti yang dikatakan oleh ustad saya, apakah benar itu rosulullah atau itu tipudaya setan mohon penjelasanya

    • Alhamdulillah. Jika menurut Ibnu Abbas ra. mimpi bertemu Rasulullah SAW adalah benar bertemu dengan beliau jika ciri-cirinya sesuai. Jika ciri-cirinya terlihat berperawakan tinggi, hal itu masih bersifat relatif. Karena tinggi menurut kita orang Indonesia bisa jadi berbeda ukuran tinggi menurut orang-orang arab. Menurut riwayat yang ada, Rasulullah SAW tidak pendek, juga tidak tinggi, namun mendekati tinggi. Hal tersebut dalam perbandingan orang-orang arab pada masa itu. Sehingga sulit dikatakan itu Rasulullah SAW dan juga tidak bisa dikatakan itu bukan Rasullah SAW.
      Adapun jika wajahnya terlihat tidak setampan yang dibayangkan, hal tersebut tidak lantas mimpi dari tipu daya setan. Tergantung bagaimana mimpinya.
      Jika dari yang diceritakan mimpi tersebut, saya berpendapat hal tersebut bukanlah tipu daya setan. Hanya saja mungkin ada pesan atau hikmah kebaikan yang bisa diambil dari mimpi tersebut.
      Wallahu a’lam

  4. Assalamualaikum Wr Wb

    Bukan niat utk pamer atau ujub, sekedar berbagi pengalaman ttg mimpi Rosulullah. Sy bermimpi bertemu Rasulullah dan terasa sangat mengharukan. Dlm mimpi itu seolah saya sedang berjalan di malam yang gelap dan jalanan yang terjal dan berbatu, saya merasa kaki saya sakit dan tidak beralas kaki. Saya heran dan bertanya2 dimana ini? Jarak kira2 15 meter di depan saya ada seseorang yg berjubah badannya tidak pendek dan tidak tinggi. Yang saya herankan kenapa orang itu jalannya terang seolah membawa senter, apakah dia mengendarai sepeda yang ada lampunya? tapi ternyata dia jalan kaki, dan tidak membawa senter. Sambil terus mengikuti dia dari belakang saya perhatikan dari mana datangnya sinar itu yang bisa menerangi jalan dia?

    Setelah saya amati ternyata cahaya itu dari arah wajahnya….. Kok bs bercahaya wajahnya? Siapa yang memiliki wajah seperti itu, siapa lagi selain ………. Rasulullah??
    Ya Allah…. Allahuakbar…… dalam hati saya terhenyak. Itu Rasulullah….. itu Rasulullah…..
    Saya berniat mengejarnya supaya sama2 berjalan agar jalan saya juga terang. Ternyata semakin saya ingin mengerjar Beliau, semakin jauh jaraknya. Yang tadinya 15 m jadi 30 m jadi 50 m, dst. Saya galau, saya sesak dan ingin menangis. Bahkan saya memanggil manggil “Ya Rasulullah, tunggulah saya” beberapa kali tapi tidak juga Beliau melambatkan langkahnya.

    Saya menangis sambil berjalan, tiba2 seolah saya dengar suara yang berkata “Panggillah ia dengan nama Ku”. Suara dari langit menyuruh saya utk memanggil Rasullulah dengan menyebutnya NamaNYA
    Lalu saya pun memanggil : “DEMI ALLAH….. WAHAI RASULULLAH, TUNGGULAH SAYA” Lalu seketika
    Beliau menghentikan langkahnya dan memalingkan wajahnya ke belakang ( ke arah saya ). Seketika itu saya lihat cahaya yang sangat terang, dan sangkin terangnya sontak saya terbangun. Dan saya terbagun langsung menangis…. menangis……

    Entah apa arti mimpi itu, tapi setiap saya ingat, membuat saya terharu dalam kerinduan. Saya orang dengan segunung dosa, mengapa bisa bermimpi seperti itu. Semoga Allah menuntun saya sehingga saya dapat kembali ke jalan yang diridhoi NYA. Amin

    • hanya sekedar analisa, mimpi bertemu rasulullah yang disertai adanya cahaya menjadi semakin kuat bagi saya. karena sudah tiga orang yang mengakui mimpi tersebut, salah satunya adalah mba, satu lagi adalah ibu saya, dan satunya lagi orang yang memberi pernyataan tersebut tapi tidak menceritakan mimpinya.

      Wallahu a’lam

      • Yang menyatakan di dalam mimpi itu beliau siapa? Diri bukan? sedangkan diri dalam bahasa arab mengarah pada hati, hati yang dimaksud adalah sanubari. Jika muncul kesadaran bahwa itu Beliau maka siapakah yg menggerakkan hati?

        Sudah terlalu banyak orang yang bermimpi bertemu Beliau. Dan ini sebuah anugerah, adapun riwayat beberapa sahabat yg menolak mimpi yang tdk berkesesuaian dgn ciri2 beliau maka kembalikan saja kepada Hadist mutawatir yang menyatakan bahwa syetan tak akan mampu menyerupai Beliau. Bukankah kedudukan hadist lebih tinggi daripada atsar sahabat?

        Nah, lantas apa hikmah dari mimpi2 tersebut? Sementara Beliau menyatakan bahwa mimpi yg benar adalah salah satu tanda kenabian. Itu berarti Beliau tidak pernah meninggalkan umatnya, bahwa ada fasilitas yg bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan Beliau. Semakin kuat iman & akhlak baik seseorang maka mimpi itu akan semakin nyata.

        Sebagaimana Quran yang menyatakan bahwa orang yang mati di jalan Allah tidaklah mati melainkan hidup bahkan diberikan rezeki dari sisiNya. Untuk itu, sampaikanlah sholawat sebagaimana Allah & para malaikat senantiasa bersholawat untuk manusia teragung ini.

        Jadi, janganlah bersedih hati jika ada yang meragukan mimpimu bertemu dengan Nabi Muhammad SAW. Sedihlah jika perilakumu tidak sesuai dengan Beliau. Dan ingatlah hadist yg lain yang menyatakan bahwa mimpi bertemu Beliau adalah tanda2 sorga telah menerimanya. Wallahu ‘alam

  5. ALLOH DAN ROSULNYA YANG LEBIH TAHU,,, BACA SHOLAWAT اللهمّ صلّ على سيّدنا محمّد……
    واله وصحبه وذرّيّته اجمعين وسلّم تسليم كثيرا…

  6. Assalammu `alaikum. Ana gak bermaksud mau menyombongkan diri.
    Tapi ana mau share juga, Wallahu ‘Alam karena ana gak hidup dizaman Nabi.
    Hehehehe..
    Tapi ana pernah baca disalah satu buku, Nabi itu perawakannya sedang (ukuran orang arab).

    Ana bermimpi, lagi kiamat saat itu…
    Ana ketakutan, kiamat yang sering diceritakan dalam ayat Quran. Btau-batu berterbangan.
    Tiba-tiba datang sesosok lelaki, bersorban putih, berbaju putih, tampan lewat didepan ana. Beliau tidak menoleh, beliau hanya lewat. Ana nggak tahu itu siapa.
    Tiba-tiba suara-suara dibelakang ana teriak-teriak menyebut nama “Muhammad.. Muhammad”
    Saat itu yang ana lakukan hanya terdiam. Dan keadaan kiamat berubah total menjadi tenang dan aman.

    Sebelum ana bermimpi ini, ana sempet baca Surah Al-Kahf. Setengah disiang hari, lanju ba`da maghrib. Ana baca surah Kahf siang hari abis shalat dzhuhur. Karena ana pernah baca riwayat Rasulullah untuk membaca Kahf.

    Wallahu `alam.
    Ana nggak tahu itu Rasulullah atau bukan, karena bukan beliau sendiri yang ngomong.
    Hanya Allah yang Maha Mengetahui.
    Yang jelas setelah kejadian ini, makin rindu ana sama Rasulullah :( . Dan sedih pengen bertemu beliau.
    Afwan jika ada kata yang tidak berkenan. Ana gak ada maksud pamer.
    Husnudzon yaa :))
    Wassalammu `alaikum.

  7. Saya jg pernah alami mimpi yang luarbiasa menururt akal sehat sy sebagai manusia yaitu tiga kali kejadian mimpi berturut yang tepanyat tahun 1997 mimpi kedua saya berada di padang pasir yang luas ,,,dikiri kanan saya banyak manusia berpakaian ciri khas orang arab yaitu baju kurung dan gamis..semua orang yang dalam posisi duduk diantara dua sujud..hanya saya yang berdiri keheranan dengan suasana saat itu, tidak lama berselang disaat saya masih berdiri terlihat serombongan orang menunggang kuda , semakin dekat rombongan kuda tsb terlihat orang yang mengenakan pakaian coklat kehitaman dengan sorban layak panglima perang berwajah dan berjanggut lebat dengan sebilah pedang ciri khas pedang padang ( melengkung ) pasir …gagah , berwibawa dan tegas terlihat daripancaran wajahnya. dan tatapan matanya

    dari sekian banyak rombongan berpenunggang kuda di tengah kuda yang berwarna coklat dan hitam ada satu kuda berwarna putih semakin dekat terlihat sosok penunggang kuda putih ( ciri diatas kuda tsb terselubung cahaya putih bersinar semakin dekat dengan saya terlihat sosok manusia luarbiasa tampan yang diselubungi cahaya yang bersinar namun tidak menyilaukan ,,,tampan sekali tiada tanding kalo dibandingkan dengan manusia yang ada sekarang walaupun yang paling tampan sekalipun …Sangat tampan dan menyejukan hati didalam bias sinar beliau tersenyum manis sekali tergurat dari raut wajahnya ..Allahu akbar dengan dibarengi tatapan mata dari pengikut rombongan tsb …manusia yg berbaju coklat kehitaman gagah dan jantan dengan sebilah pedang ditangan dan sosok manusia yang di kelilingi cahaya di sekujur tubuhnya tampan dan menyejukkan…sontak tangan saya di tarik oleh orang di sebelah saya yg sedang menunggu duduk …orang disebelah saya berkata ”’ Hai Manusia sujudlah kau kepadanya …saya bertanya siapa dia ? orang itu menjawab dialah Muhammad dan sahabat sahabatnya ,.semua manusia yang ada di pada pasir bersujud Allahu akbar

    • Subahanallah. mimpi itu hampir sama persis dengan mimpi saya. makannya saya merinding bacanya. padang pasir, panglima dengan kuda warna hitam, orang2 arab, sedangkan orang yg diatas kuda tersebut memakai jubah warna hitam dengan pedang. sedangkan saya hanya melongo, di tempat mana saya berada, sampe saya melihat ada seorang yg memakai jubah berwarna putih dan sorban putih tp perbedaannya dia berjalan, dan mendekati saya dengan senyum. org2 sekitar saya membentuk shaf dan seseorang menyadarkan saya bahwa itu Rosulullah, dan mereka menyuruh saya menutup aurat saya, krn saya saat itu hanya memakai baju tanpa hijab. tp org itu (Muhammad) tidak mempermasalhkannya, dia hanya berjalan mendekati saya, tersenyum, dan memegang kepala saya seperti seorang ayah yg memegang kepala putrinya. saya hanya melongo, ga ngerti harus bagaiman. kemudia dia berkata sesuatu dan sesalnya saya lupa kemudian sambil tersenyum dia pergi menjauhi saya. mengumpul bersama para sahabatnya dan yg lebih menabjukan lg adalah disana ada juga 25 nabi dan semua orang bersujud, tiba2 saja saya sudah memakai baju ddn hijab yg longgar dan ditunjuk menjadi imam bg semua shaft wanita dibelakang saya oleh salah seorang wanita. kemudian yg jelas saya lihat adalah 1 orng diantara jejeran 25 nabi itu tinggi banget dan 1 orang yg lbh penedek dr kesemuanay yaitu nabi Muhammad yg td tersenyum.
      sayangnya mimpi itu ketika saya msih 8 thn dan sampe saat ini penyesalan saya adalah saya tidak ingat apa yg diucapkannya pd saya

  8. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Maaf
    Saya pernah bermimpi tentang Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam
    kira-kira waktu SD kelas 4
    di dalam mimpi tersebut semuanya bercahaya sangat terang warna putih, tapi saya berada di belakang seseorang tapi agak jauh dari saya. Seseorang tersebut bercahaya dan tidak kelihatan bentuk tubuh dan mukannya. Saya menanyakan “Siapa Anda?” Ia menjawab “Aku Muhammad” di dalam mimpi itu jantung saya berdebar”. Cahaya itu seolah-olah berbalik kepada saya, pada saat sedang menoleh seakan-akan ingin melihat wajahnya. tapi pada saat menoleh belum sempat melihat. mimpi tersebut langsung gelap dan terbangun dari tidur, saya melihat tetesan air mata pada bantal dan pipi saya.

    Jadi apa maksud dari mimpi tersebut? mohon dijawab, sya merasa bingung

    • Jika tentang maksudnya, sya kurang tau. Tapi ambil hikmahnya, yakni perbanyaklah sholawat dan amalan2 lainnya. Jangan2 mimpi itu agar anda penasaran dan semakin tergugah untuk bertemu Rasulullah SAW kelak di akhirat sehingga anda “terpancing” untuk semakin giat beribadah. Beruntunglah saudara.
      Semoga Allah mengumpulkan kita kembali kelak di tempat yang baik. Aamiin

  9. Assalamualaikum.
    Setelah sekian banyak saya membaca pengalaman seseorang mimpi berjumpa Rasul.
    Setelah saya Analisa,dari kesemua’y Rata-Rata hanya berjumpa,jarang yg mendengarkan Kata-Kata rasul yg di ucapkan.
    Saya tarik kesimpulan,krn apapun yg di ucapkan Rasul itu adalah sabda.
    Wajar kalau jarang mendengar ucapan Rasul dlm mimpi tersebut.
    Kalaupun ada yg mendengar mungkin sepatah kata(bkn pesan secara umum)
    Contoh yg sdh2: al-fattah…al fattah…al-fattah.
    Iqra’…iqra’…iqra’….
    Bangun…bangun….bangun….
    Ini contoh2 yg saya prnh tahu dri sekian yg prnh bermimpi.
    Ada juga hanya melihat rasul berbicara tapi qta tak mendengar/bahkan Lupa stlh bangun’y.
    Adapun pesan/hikmah dri mimpi tersebut pasti ada.
    Insyallah positif.
    “Maaf”sprti di atas tadi,yg kata’y wajah Rasul tidk setampan yg di bayangkan.
    Kalau blh saya artikan:mungkin dengan bentuk atau keadaan yg di lihat itu bermaca-macam.
    Ambil hikmahnya saja,Barang kali itu Teguran kalau islam’y sang pemimpi blm tampan(prlu peningkatan lg)
    Ada juga yg keliatan bercahaya,
    ada yg tdk nampak wajah’y(memang tak terjangkau jelas)
    Ada yg samar (mgkn ketutup surban)
    Ada yg membelakangi saja,seolah qta hanya melihat dri kejauhan.

    Karena ISTRI saya dulu juga pernah bermimpi jumpa Rasul:
    Begini ceritanya,saat itu istri saya sedang mengandung anak saya yg pertama.
    Jujur selagi mengandung itu istri saya rajin baca Al-quran,9bln mengandung ±qatam 5x.
    Tp setalh itu udh jarang2 ngaji lg.hehehehe…
    Msh siih,tp sdh tdk serajin dulu.

    Saya lanjutkan.
    Dalam mimpi itu istri saya di bawa pd suasana seperti di musim haji.banyak org yg memakai ihram.
    Singkatnya,istri saya melihat beberapa org di depan’y.
    Salah satunya laki-laki….dan yg lain’y perempuan.
    Mereka posisi di dpn istri saya,tp membelakangi.
    Secara sendirinya Hati istri saya meyakini kalau laki-laki itu Rasul.dan perempuan’y para istri Rasul.
    Rasul saat itu seperti sedang memberikan Nasehat-Nasehat/wejangan sama istri-istrinya.
    Tp istri saya tdk mendengar apapun yg di bicarakan Rasul.
    Hanya 1 Kata yg istri saya Dengar:
    (Haaaiii siti khatijah)
    Hanya kalimat itu yg istri saya dengar.

    Begitu istri saya kebangun.
    Perasaan’y begitu gembira,dan rasa itu spontan bahkan istri saya mrs tdk prnh mrskn Sebahagia selain stlh bangun dari mimpi trsbt.

    Soal ciri-ciri fisik Rasul saya memang tdk mengetahui pastinya.
    Di samping saya tdk prnh hdp di masa Rasul,saya juga tdk prnh mendpt informasi yg prnh saya dpt.
    Cuma ada 1 teman yg prnh bercerita Soal tinggi badan Rasul.
    Kata’y tinggi badan Rasul tidak pernah lbh pendek dengan org yg bersama’y.
    Misalnya:
    Si A=200 cm.
    Si B=150cm
    Si C=210cm

    Bila Rasul berdiri deket Si B rasul terlihat lebih tinggi brati 150cm paling tdk Rasul 160-sampai 170cm.

    Tetapi lain kesempatan Rasul berdiri dekat dengan Si A yg tingginya 200cm tetap Saja Rasul Lebih Tinggi dari Si A,brti paling tidak 210cm sampai 215cm.

    Begitu juga saat deket dgn Si C yg lbh tinggi dari Si A.yaitu 210 tetapi Rasul msh juga lbh tinggi brati kurang lbh 215cm sampa 220cm.

    Itu krn kemuliaan yg Allah anugerahkan.
    Kewibawaan Rasul selalu di muliakan.

    Itu hanya cerita yg saya dpt dri teman.
    Waallahualam.

    Kalau semua tulisan saya ini tdk etis.
    Mohon Hapus,saya iklas,krn saya tdk bermaksud apa-apa.krn saya tdk bisa caranya menghapus.hehehehe…..
    Mohon di maafkan ketdk etisan yg saya kemukakan ini.

  10. saya bersama orang orang berada di suatu tempat yang luas dan berwarna kemerahan (mungkin padang mahsar) ketika itu kami semua bingung untuk mencari pertolongan dengan berjalan secara bergerombol beberapa orang mungkin 100an orang datang kepada nabi adam as untuk meminta pertolongan, beberapa kelompok lain menemui nabi musa as untuk meminta pertolongan, waktu itu umat dari berbagai zaman mencari nabinya sendiri sendiri namun tak ada nabi yang mampu menolong semua umat, hingga terakir semua umat mendatangi nabi muhammad saw saya melihat beliau tidak tinggi dan tidak pendek memakai jubah sampai menutup belakang kepala berwarna kemerahan berdiri di atas bukit sambil memberikan penjelasan pada semua umat manusia saat itu, tapi saya (entah lupa atau tidak mendengar suara beliau) sehingga semua umat merasa tenang tidak panik, sayang saya tidak mampu mengingat wajah belia dan mendengar kata kata beliau, yang saya tahu nabi muhammad sebagai kebutuhan bagi umatnya…allahumma shaliallah muhammad.

  11. memang ada ye org yg mimpi bertemu rasulullah klok aku sih belum pernah denger tuh,ku ajak belum pernah tuh,mimpi bertemu rasulullah.

  12. Assalamualaikum,, bukan bermaksud untuk berbangga hati dan sombong..ane hanya sekedar mau share. Waktu SMP sekitar 15 tahun lalu ane pernah bermimpi bertemu rasulullah. Jadi di mimpi itu ada orang datang kerumah ane. Dia bilang, ane dipanggil rasulullah. terus ane tiba-tiba sampe disuatu musolla kecil. Posisi ane berdiri diluar, sedang rasulullah di dalam dan di batasin tirai bambu. jadi ane gak bisa ngelihatnya. terus rasulullah bicara ” kamu sampaikanlah harta anak yatim dan fakir miskin “. ane cuma bilang “iya rasulullah”. terus tiba muncul ke masjid dekat rumah kakek ane.. dan setelah itu langsung kebangun.

    Insyallah, mungkin hikmah yang ane ambil dari kata-kata itu, ane harus selalu ingat untuk bisa membantu anak yatim dan fakir miskin.

  13. Assalamu’alaikum warohmatulloh wabarokah Rosululloh Muhammad Shollollohu ‘alaihi wasallama akan hadir pd kita ummatnya jika kita berhati cemerlang yg sering dibersihkan dg rasa senangnya serta seringnya kita mendengarkan ayat2 Alloh dan Merdunya lantunan Sholawat secara istiqomah. Syukron atas Pencerahannya, dan barangsiapa yg tlh jumpa beliau, qoulan wafi’lannya akan disertai dg ilmu dan akhlaqul karimah yg beliau tauladankan pd kita selaku Ummat beliau. Wallohu a’lamu bish-showaab

  14. Asslmkm.wrb. Harus hati2 jika mendengar saja Dan Anda belum memiliki sandaran untuk belajar taklim Dan pada guru yang Anda Ikuti krn skr. Banyak ustad atau ulama yg tdk sensuai…saya pribadi Mimpi nabi Ttp. Tidak seperti yg sdr. Tulis…wasslmkm. Drs. H. Chaerudin, MM

  15. Mestinya penulis menyertakan referensi yg lengkap agar pembaca bisa mem-verifikasi tentang ke-shohih-an mimpinya. Buat hanya sekadar tulisan yg agak skeptis dan subjektif.

  16. Ane juga pernah bermimpi ketemu Beliau ..
    kegemaran ane shalat malem, waktu itu ane usai shalat tahajjud berdziki sampai tertidur, terus bermimpi tiba tiba ada seseorang di depan saya,waktu itu ane merinding dan takut sekali,dalam hati itu adalah Rasulullah, ane di suruh memperbanyak do’a sapu jagat..padahal sebelum’y saya sudah sering berdoa sapu jagat sebelum disuruh..
    apakah mimpi ane itu benar ya,waktu itu ane terbangun dr tidur pukul 3 malem.

  17. Ass Wr…
    Membaca perihal bertemu dengan kekasih Allah, sungguh menggetarkan hati, mengalir air mata…
    Rasanya inginkan jadi kenyataan, Tidak hanya mimpi yang pernah kita alami, Serasa dunia fana tak ada arti apa apa karena begitu mulianya Beliau,
    Walaupun jarak 1.500 tahun Beliau terasa dalam sanubari , semoga Allah SWT mengijinkan kita sebagai muslim yang diridhoiNYA dan khusnul khotimah hingga dapat berkumpul dengan orang orang shaleh kelak bersama Rasulullah, Amin
    Alhamdulillah berkat RahmatNYA kita dijadikan sebagai orang muslim ….

  18. ass.
    dengan post2 yg saya baca semua ini, saya semakin merinding dan mencari maksud dr arti tiap manusia yg pernah bermimpi yg sama walau dengan situasi yg berbeda2.
    saya juga pernag bermimpi ttg nabi Muhammad. sebelumnya saya adalah orang yg sakit2an dan mempunyai indra ke 6. bs melihat roh dan jin. itu dari saya masih kecil sampe saya berumur 27 thn sekarang. awalnya hanya bisa melihat dunialain saja dengan segala aktivitas “mereka” di dalamnya.
    masuk ke mimpi nya: pada saat itu saya seperti biasa sedang sakit. saya bermimpi ada di suatu tempat dan itu padang pasir tapi daerah itu seperti pasar, tanah luas dan dikerumuni dengan orang2 arab yg memakai jubah khasnya mereka. saya bingung sedang dimana saat itu, kemudia ada pasukan berkuda hitam yg memakai baju berwarna hitam, membawa pedang tp mereka dihormati disitu, saya pikir saat itu ada kerusuhan. kemudian salah seorang berteriak ibrahim2 datang, mereka mulai membenahi diri mereka dan seorang ibu berteriak demi Allah Muhammad datang, segera persipkan diri kalian. saya bingung apa ini Muhammad & Ibrahim Nabi Dan Rosul tp masa? kemudian pasukan berkuda itu membenahi barisan yg masih acak2an itu. diantara kerumunan itu ada laki2 berbaju warna putih, bersorban putih dan wajahnya ga ganteng tp ngeliat wajah itu tenang….bgt, sejuk dia tersenyum dan makin mendekat ke arah saya, salah seorang wanita memarahiku untuk harus berpakaian yg sopan, menutup aurat krn wkt itu saya tidak berhijab alhmdulillah skrg udah, tp sy ga menemukan kain atau apapun utk menutup badan dan kepala sy, dengan panik dan malunya saya ternyata dia (Muhammad) hanya tersenyum teduh dan makin mendekat kemudian tangannya memegang kepala saya, tidak sampe kena sih, dia tersenyum dan berkata sesuatau tp saya lupa krn kata2nya juga spt hilang, kemudian dia jalan menjauh. oia saat itu tinggi saya mungkin 150 dan saya tidak terlalu menenggakan kepala saya utk melihat wajahnya, berarti dia tidak tinggi2 bgt. kemudian dia berkumpul dengan sahabt2nya dan 25 nabi & rosul, saya makin panik dan malu dgn diri yg tidak berjilbab tp tiba2 saya sudah memakai jilbab lengkap dgn baju panjang tanpa cadar tapi dan dia (Muhammad) telah ada d depan. dia tampak yg paling pendek dr mereka semua walaupun sama yg sampingnya mgkn nabi Isa klo dr urutan dia ga pendek2 amat, tp ada 1 yg tinggi bgt yg saya ingat. kemudian saya disuruh utk menjadi imam bagi shaft wanita sedangkan Rasullulah msh tersenyum melihat saya.
    saya terbangun dan saat itu saya langsung sembuh, padahal ibu saya udah solat sunnah 2 rakaat minta sama Allah untuk saya di panggil saja oleh-Nya drpada hidup saya harus siksa sakit2an mulu. tp saya sembuh dgn tiba2. penyakit sayapun aneh2 sering kali rs memulangkan krn mereka tidak tau penyakit apa yg saya derita palin2 mereka hanya memberi obat penghilang sakit, infus, atau tranfusi.
    saat itu saya sembuh kemudia penglihatan saya bertambah lg. yg tdnya hanya bs melihat sebangsa jin, saat itu sampe saat ini saya bs melihat apakah sakit itu sakit yg harus dibawa ke dokter atau harus dirukiyah karena ada jin atau kekuatan jahat seperti teluh, org kena pelet, dll.
    dan sampe saat ini telah banyak usaha untuk menghilangkan kemampuan saya ini, tp ga ada yg mampu sampe suatu saat saya ada di titik menerima semua ini walau saya tdk perdalam sama sekali.
    terimakasih sekedar share aja. mungkin ada org yg kaya saya krn dgn sakit2nya ini dan penglihatan yg membuat kita jd cape cz kadang ada yg berpesan dll mahluk2 itu kepada saya dan org2 spt sya, saya tau itu cape, sakit, dan bingung harus berbuat apa. mungkin ada yg bisa punya saran untuk juga sama2 mencari solusi

  19. Ane juga pernah bermimpi dengan rasulullah Singkat cerita…pada hari jum’at ketika orang2 lagi sholat jum’at ane tertidur ( ga sholat jum’at, jangan ditiru) . dalam tidur… ane berdiri didepan sebuah rumah, orang2 orang ramai juga berada di tempat itu, tiba2 orang –orang tsb ramai berbicara dan menunjuk kearah serombongan penunggang kuda… itu rasulullah, itu rasulullah,…. ane pun melihat dari salah satu penunggang kuda tsb Nampak seseorang yang perperawakan orang arab, gagah berjanggot dan sangat tanpan dengan berpakaian jubbah dan bersurban(rambut sebahu,sedikit ikal,waktu beliau turun dari kuda surbannya tersingkap kebelakang shingga ane bisa melihat rambutnya). Dan rombongan tsb mendekati ane, kemudian turunlah orang yang disebut rasulullah tsb mendekati ane sambil menggandeng tangan ane menuju ke sebuah taman/kebun (beliau tidak bicara)
    Adapun taman/kebun itu dipenuhi dengan pohon dan buah-buahan yang lebat dan buahnya sangat rendah sekali . Dan ane pun terbangun

    Beberapa tahun Setelah bermimpi tsb. Alhamdulillah ane menunaikan ibadah haji. Disaat kami kira2 seminggu lagi mau menuju ke madinah dan kami sudah melaksanakan haji, pembimbing haji mengajak ane melihat rumah rasulullah , dan alangkah kagetnya ane, rumah beliau tsb persis sama dengan bentuk rumah yang ada di dalam mimpi ane.
    Sedang asik2 internitan ane kaget lagi, wajah rasulullah yang ada di dalam mimpi ane sama dengan wajah seorang habib , ulama dan dai muda yang nama dan kiprahnya sangat dikenal di berbagai negeri, bahkan juga di dunia Barat ( beliau lahir di kota Jeddah)
    Bagamana dengan mimpi ane, karena ane bermimpi siang hari jumat dan ane ga sholat pada saat itu?

  20. Alhamdulillah, bukannya saya sombong:Setahun yg lalu, sya mimpi brtemu Rasulullah, sya dan ayah sya menjemput rasul yg berada di gunung agak tinggi.Seingat sya rasul berciri-ciri bertongkat,berbaju putih yg panjang,dan memakai sorban, akan tetapi sya tidak ingat wajah sang Rasul, menurut saya, saya di larang untuk mengingat wajah sang Rasul , saya tdk tau apa sebabnya, aku sangat bersyukur karena sudah bertemu Rasulullah.

  21. assalamualaikum….mau tny, slh s’org tmn sy prnh bermimpi brtm baginda rosulullah saat usiax 15 thn, & beliau memberi salam kpd nya, & rosul memberinya jaminan pertolongan dari allah, asalkn dia bersabar dr ujian saat yang saat ini dia hadapi, apakah itu berarti ia tlh mndptkn syafa’at beliu saat di dunia? sukron…wassalamualaikum….

    • Wa’alaikumussalam wr.wb.
      Pertolongan dari Allah memang benar demikian, diantaranya seorang hamba tersebut harus bersabar. Dan ini berlaku bagi semua orang beriman.
      Namun teman anda tersebut dikaruniai kabar baik, yakni mimpi yang baik dan itu “bonus” yang tidak semua orang mukmin mendapatkannya.

      • Maaf saya bermimpi ikut perang bersama nabi muhhamad saw.
        Semua orang disekeliling x nyebut dia rosull dan aku juga dlm hati bawah dia rosull.tapi sayang di dalam perperangan itu wajah nabi seperti cahaya jadi gk bisa lihat aku.tapi seluru badan x kelihatan cuma wajah aja gk kelihatan?

  22. ass.untuk rischa..sebelumnya saya minta maaf jika saya ingin berpendapat..apapun yg terjadi dalam dihidup kita..apapun itu,kita terima dengan ihklas,dan kita jalani.kalau kita terus2an mencari apa solusinya apa solusinya..kasihan fikiranmu..pastinya akan capek..mendingan kita lebih mendekatkan diri..karena hanya Dia lah yang punya dari segala jawaban..fokus dan semangatlah untuk menggapai ridhloNya

  23. Assalamualaikum Wr. Wb.
    saya mau ikut share tentang mimpi rosululloh.
    saya mimpi bertemu rosul ketika masih duduk dibangku SMP sekitar kelas 2 SMP. boleh dikatakan dari umur 5 tahun saya sudah ingin mengaji bukan disuruh oleh orang tua, tapi kemauan sendiri. dan saya senang sekali jika sore datang untuk pergi mengaji, terlebih apabila datang bulan romadhon disaat shalat tarawih anak-anak lebih suka bermain, saya lebih memilih disamping ayah saya shalat tarawih. waktu pun bergulir sampai kelas 2 SMP saya masih suka mengaji, dan ketika naik ke kelas 3 SMP saya berhenti mengaji. sebelum kelas 3 SMP, pikiran saya masih lugu dan ketika membantu orang pun selalu tanpa itung-itungan, saya selalu berusah menerapkan cerita-cerita rosululloh yang penuh budi pekerti mulia yang diajarkan ustad selama mengaji. jika bertemu orang selalu tersenyum, jika memiliki makanan selalu dibagi, di rumah suka bantu ibu untuk menyapu, ngepel, dll.
    disekolah dari kelas 1 SMP, saya aktif di kegiatan KRM (Keluarga Remaja Masjid), dan kejadian mimpi rosul itu seingat saya, di alami setelah siangnya dalam KRM ada kegiatan nonton film sejarah rosul dari awal mula menerima wahyu sampi penaklukan kota mekah. film itu begitu berkesan sampai-sampai malamnya saya bermimpi dalam suasana perang di padang pasir saya ikut bertempur melawan kafir Quraisy, namun karena kecerobohan kaum muslim akhirnya kaum muslim terdesak mundur sehingga orang-orang berlarian menyelamatkan diri namun saya menghawatirkan rosulullah dan bertahan seorang diri di perbatasan wilayah ketika melihat rosululloh datang bersama sahabatnya dengan mengendarai kuda, saya menawarkan diri untuk memilih menghadapi dan menahan tentara kafir yang mengejar, dan mempersilahkan rosul untuk berlindung dari kejaran musuh agar islam tetap hidup. ketika itu beliau rosulullah tersenyum menguatkan tekadku dan saya pun bersiaga seorang diri hingga lama tak ada tentara kafir yang lewat dan saya pun terbangun.
    singkat cerita ketika menginjak SMA, kehidupan saya berubah dratis, sebagai remaja saya ingin mencoba banyak hala baru, akhirnya saya mulai meninggalkan shalat, tinggal shalat jum’at saja, kalo bantu orang harus ada imbalannya, lebih senang keluyuran daripada dirumah, dimasa SMA ini kehidupan saya penuh dengan maksiat. dan tentang mimpi bertemu rosul itu semasa SMA terlupakan, tidak teringat-ingat lagi.
    Hingga pada akhirnya ketika kuliah teguran dari allah datang, berupa rasa hina pada diri ini yang diperlihatkan pada semua orang, yaitu saya harus sangat malu karena datang shalat Idul Adha dari arah depan Lapangan Shalat Disaat, khatib sedang berdo’a dan saat itu saya tidak sadar bahwa itu bukan khotbah jum’at sehingga saya santai saja tak punya rasa malu dan seluruh mata tertuju melihat keanehanku. saya sadar ketika khatib selesai berdoa dan bersalaman berjajar. namun karena udah terlanjur akhirnya saya hanya tertunduk lesu dan menyadari kekhilafan selama ini.
    semenjak peristiwa itu saya mulai memperbaiki diri dan sampai sekarang alhamdulillah mimpi itu teringat-ingat kembali terlepas itu mimipi karena pengaruh film atau benar bertemu membela rosul, karena saat ini alhamdulillah berkat taufiq dan didayah dari Allah saya diamanati untuk mengajar di madrasah. dan saat ini saya benar-benar ingin menjaga agama islam dengan mendidik adik-adik sebagai generasi islam dilingkungan masyarakat dengan tulus meskipun saya sadari bahwa ilmu agama yang saya miliki masih sedikit.
    demikian sharing dari saya mohon maaf bila ada kata-kata yang tidak berkenan, terimakasih.

  24. Saya pernah bermimpi bertemu nabi muhammad Saw .. beliau sedang berjalan beliau memakai baju putih bersih saya di beri tahu kalau itu nabi kita nabi muhammad Saw. Saya di beri tahu seseorang tapi seseorang itu yang memberi tahu di mimpi saya,saya tidak tau dia siapa dia hanya mengucapkan itu nabi kita nabi muhammad Saw .saya membaca

    • Saya pernah bermimpi bertemu nabi muhammad Saw .. beliau sedang berjalan beliau memakai baju putih bersih saya di beri tahu kalau itu nabi kita nabi muhammad Saw. Saya di beri tahu seseorang tapi seseorang itu yang memberi tahu di mimpi saya,saya tidak tau dia siapa dia hanya mengucapkan itu nabi kita nabi muhammad Saw .saya membaca pemberitahuan di jejaring sosial gogel bahwa jika bermimpi melihat nabi muhammad Saw sedang berjalan tanda.a beliau menuntut umat.a untuk berjihad,sedangkan dalam agama.a yang bermimpi itu akan kegirangan…… saya tidak bermaksud mengada” saya tidak bhng ..

  25. Saya pernah bermimpi bertemu nabi muhammad Saw .. beliau sedang berjalan beliau memakai baju putih bersih saya di beri tahu kalau itu nabi kita nabi muhammad Saw. Saya di beri tahu seseorang tapi seseorang itu yang memberi tahu di mimpi saya,saya tidak tau dia siapa dia hanya mengucapkan itu nabi kita nabi muhammad Saw .saya membaca pemberitahuan di jejaring sosial gogel bahwa jika bermimpi melihat nabi muhammad Saw sedang berjalan tanda.a beliau menuntut umat.a untuk berjihad,sedangkan dalam agama.a yang bermimpi itu akan kegirangan…… saya tidak bermaksud mengada” saya tidak bhng ..

  26. Masya allah kita berbagi kisah mawon agar kita semua benar2 d berikan mahabbah serta syafa’at nya.. Amiiin

    Skitar 3tahun yg lalu sy pun bermimpi bertemu beliau junjungan kita sayyidina wa mawlana muhammad saw, ketika itu sy d ajak seseorang untuk berkunjung/ sowan ke rumah beliau, bgitu sy d dpn pintu sy salam ke beliau “assalamualaiku ya rosulallah..” Ketika itu beliau duduk2 bersama para sahabat 4 d sbelah kanan dan d sebelah kiri beliau sayyidatina khadijah alkubro beserta putri2nya termasuk sayyidatina fatimah ra sdg memangku sayyidina hasan dan husain ra, dgn gagah wibawa nya beliau tdk bs d gambarkan bgaimana ketampanan dan santun nya.

    Setelah sy salam kpada beliau serentak semua berdiri menyambut salam dr ku, sy cium tangan beliau masya allah sy menangis sesenggukan, beliau tidak melepaskan tanganku beliau mengusap2 kepala lalu mengelus dgn penuh kebapakan, ada pesan dr beliau yg tidak pernah sy lupakan “ya husaini kamu sdh lupa dgn ku, sdh lama kamu gak pernah maen ke rumah ku maka nya kamu lupa dengan ku”

    Sayyidatina khodijah jg menimpali smbil tersenyum “iya ya sayyidi husaini sdh lupa sama njenengan” , sy pun mnjawab tidak ya rosulallah sy tdk akan melupakan panjenengan krn engkau adalah junjunganku maafkanlah sy bila sy telah melupakan panjenengan,
    kemudian beliau menyuruh sy ke dapur untuk makan dan minum, setellah itu beliau memanggilku kmudian beliau berpesan “ya husaini janganlah sekali-kali kamu melupakan aku, dan sering2lah maen ke rumahku, kamu sdh dkt dgnku kok malah gak maen lg ke rumahku, nnt maen ke rumahku yaa”

    Enjih ya rosulallah insya allah sy tdk akan melupakn panjenengan, lalu sy pamit dgn bercucuran air mata lalu sesampai dkt pintu kuberanikan diri menengok paras beliau yg tak terlupakan hingga saat ini, masya allah beliau mantuk2 dgn tersenyum, dalam hati kuberucap “aku rindu padamu ya rosul, aku rindu skali dgn pertemuan seprti ini…… Kmdian sy terjaga dgn berurai air mata….

    Assalamualaika yaa sayyidii ya rosulallah….

  27. Assalammualaikum , bukannya ingin sombong,takabur ataupun ria .. Tapi saya ingin cerita ttg kebingungan saya apakah ini siasat syton ataupun ini petunjuk agar saya menjadi wanita yg lebih baik lagi, saat pertama kali saya mimpi bertemu malaikat pencabut nyawa di saat itu ada sesosok monster,hitam,kelam dan buruk rupa sekali.. Di dlm mimpi Dia mengikutin saya krn bentuk yg buruk rupa itu saya menjadi takut dan panik,setelah itu saya mengadu kepada keluarga saya kalo saya di ikutin sama makhluk yg menyeramkan krn keluarga saya panik juga akhirnya keluarga saya meminta tolong kpd kiyai( org saleh) untuk mengusir makhluk menyeramkan itu,tetapi kata kiyai (orang soleh ) jgn panik Dia bukan musuh kita tapi adalah sahabat kita,dia adalah malaikattulloh, lalu saya bertanya kpd dia..sedang apa kamu ngikutin saya? Dia hanya menjawab tugas ku mencabut nyawa seseorg lalu akan ku tarik nyawanya dr ujung kaki hingga ujung rahim,lalu akan di hidupkan dan di tarik lagi hingga Dia mengingat Alloh , saya serentak shock .. Panik .. Mendengar kalimat makhluk buruk rupa itu,lalu saya bertanya mencabut nyawa siapa tpi makhluk itu diam .. Dan saya pegri sejauh-jauhnya sambil mengangis, lalu dr langit ada suara bertaubatlah sebelum terjadi bencana .. Entah apa maksudnya.. Lalu saya terbangun dlm keadaan menangis.. Setelah kejadian itu saya berturut-turut mimpi memakai hijab .. Dan seuatu ketika saya bermimpi di medan perang melawan org-org kafir.. Semua di sekeliling saya memakai kerudung hitam dan jubah hitam .. Terlihat ada Sesosok berbadan tinggi dan tidak terlalu tampan mengenakan sorban hitam wajah bersih dan bersinar , serentak ada seseorg memanggil dia ya rosul.. Ya rosul.. Saya kaget apa dia Rosulluloh.. Hati saya bergetar,dan tiba” ada sekelompok org kafir mengeroyok saya dan saya di tolong oleh sang Nabi .. Dia berkata perangilah org kafir.. Saya sedih terharu dan semakin ingin mendalami sunahnya.. Mimpi saya berlarut-larut hampir setiap malem memimpi aneh” , esoknya saya mimpi teman” saya di neraka karena hanya sibuk mengejar dunia .. Esok harinya saya bermimpi melihat sesosok para Nabi memandang saya.. Esok harinya saya berkumpul dengan para ulama memakai sorban putih dan saya memakai kerudung putih, esok harinya saya bermimpi melihat kabah .. Esok harinya bermimpi solat di tempat yg ramai .. Dan esoknya bermimpi rosululloh di atas mekah ,dunia hampir setengah hancur hancur ,baginda rosul sambil memeluk saya dan dia berkata syton itu musuh yg nyata ikutilah sunah ku dan bacalah alquran .. !! Sebelum mimpi itu saya lupa membaca alquran dan lupa solat isya .. !! Saya bukan siapa” .. Saya heran kenapa bermimpi seperti itu.. Saya ingin menjadi manusia yg lebih baik.. Krn selama ini saya selalu melalaikan syariat islam.. Mohon bantuannya .. Jika mengetahui kegundahan saya.. Sebelumnya saya minta maaf jika ada yg kuran berkenan ,,mungkin di luar kenalaran tpi saya berkata jujur.. Wasalammualaikum.. Mohon bantuannya.. Siapa tau ada yg mengerti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s